“Juga mengetahui sentuhan orang kepada dia itu sen­tuhan sayang atau tidak. Lalu mereka juga sudah paham bagian-bagian mana yang dilarang sentuh misalnya bagian kelamin, pantat, bibir, dan bagian dada pada perempuan,” terang perempuan yang akrab disapa Nina ini.

Sebenarnya, kata Nina, pendidikan seks yang sederha­na sudah dilaku­kan orang tua sejak anaknya masih bayi. Ini dilakukan ketika orang tua menyebut bagian tubuh anak ke­tika sedang membersihkan popoknya. “Misalnya ibu sambil bilang, ‘Mama bersihkan ya vagina atau penisnya’,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Minum Air Jahe Setiap Hari, Apa Sih Manfaatnya? Simak Ini

Pada batita dan balita, sebaiknya dibiasakan un­tuk mengganti baju di ruangan tertutup. Beri tahu pula pada si kecil, jika ada orang yang memegang bagian terlarang mereka, maka sebaiknya berteriak atau mencari bantuan orang dewasa lainnya. Upaya perlawanan bisa pula diajarkan pada anak, misal­nya dengan menendang atau memukul alat vital orang yang berusaha meme­gang bagian intim tu­buh mereka.

BACA JUGA :  Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur dengan 5 Gerakan Olahraga Ini

“Anak dan orang tua perlu penge­tahuan agar anak perempuan tidak menjadi korban pen­cabulan dan anak laki-laki tidak jadi pelaku pemerkosaan. Se­benarnya bisa saja anak laki-laki yang jadi korban, tetapi persentasenya lebih sedikit,” ujar Nina.

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================