rio-haryanto-manor-racing-jpg1MONTE CARLO- Manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett ma­sih yakin pebalap Indonesia itu bisa melakoni balapan Formula 1 (F1) 2016, semusim penuh meski belum ada kepastian sumber uang yang harus dilu­nasi ke tim Rio, Manor Racing.

Pra Inggris itu sangat ya­kin, kepastian nasib Rio di balapan jet darat bisa dik­etahui sebelum GP Kanada, 12 Juni mendatang. Menurut Hun­nisett, kekurangan uang yang harus setorkan manajemen Rio bisa dilunasi sebelum GP Kanada.

“Saya pikir dalam be­berapa minggu ke depan, dan mudah-mudahan se­belum Kanada (balapan seri ketujuh pada 12 Juni), kami akan mendapatkan sesuatu untuk dikonfir­masi,” kata Hunnisett kepada Reuters, Rabu (25/5/2016).

BACA JUGA :  Marc Marquez Tertajuh di Circuit of The Americas

Rio membu­tuhkan lebih ban­yak dana untuk mempertahank­an kursinya di Manor Racing. Namun, Hunnis­ett menegaskan pe­balap kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, itu aman melakoni 11 lomba untuk paruh pertama musim ini.

“Sponsor membayar sampai balapan ke-11 (Gran Prix Hungaria di Budapest, 24 Juli). Tidak ada masalah di sana. Itu sudah disetor penuh. Ini hanya proses di Indonesia dengan pemerintah,” kata Hunnis­ett jelang GP Monaco.

Sponsor utama Rio adalah perusahaan min­yak milik negara Pertamina, yang sejauh ini telah memberikan kontribusi 5 juta euro. Rio masih harus membayar 10 juta euro (Rp 151,9 miliar) ke Manor Racing dan jatuh tempo pada akhir Mei ini.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Thomas Cup dan Uber Cup 2024, Berikut Pembagian Grup

Pemerintah Indonesia dan perusahaan tele­komunikasi lokal juga berupaya menggalang dana melalui pesan singkat atau SMS. Rio me­m i l i k i 514.000 pengikut di Twitter, lebih banyak dari pebal­ap F1 lain yang sudah mapan. Indonesia memiliki populasi sekitar 250 juta jiwa. Namun, Hunnisett mengatakan dia tidak melihat angka-angka terbaru untuk inisiatif SMS.

(Ri­s h a d / Net

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================