helaran-diskominfo PEMERINTAH Kabupaten Bogor bakal menerima 2.000 Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) dari Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN), Ferry Mursyidan Baldan hari ini, Senin (30/5/2 016) di Kecamatan Caringin, Desa Pancawati.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Di sela rangkaian Hari Jadi Bogor (HJB) ke-534, Min­ggu (29/5/2016), Bupati Bogor Nurhayanti mengakui Proda di Bumi Tegar Beriman masih lemah hingga akan diserahkan 600 sertifikat dan sekitar 2.000 Prona dari pemerintah pusat.

“Ini kan demi kepentingan masyarakat juga. Pemerintah pusat mengetahui permasalah­an aset kita makanya besok (hari ini, red) akan diserahkan 2.000 Prona,” kata Nurhayanti.

BACA JUGA :  Rapat Paripurna Terakhir Bima Arya - Dedie Rachim, Sahkan 2 Perda

Ia menambahkan, siapapun warga yang memiliki lahan jika ingin diserahkan pada pemerin­tah daerah, Yanti mengaku siap menerimanya dengan tangan terbuka. Namun, untuk sertifi­kasi, tetap harus melewati prose­dur yang ada. “Prona dan Proda itu harus dibawah 1.000 meter,” tukasnya.

Jelang HJB ini juga, Yanti ber­harap perayaan ke-534 mampu memunculkan kreativitas dari seluruh unsur yang ada di Bumi Tegar Beriman. Penanaman ni­lai budaya pun digalakkan untuk melestarikan budaya dan kes­enian Sunda khususnya.

“Dengan budaya dan kes­enian, persatuan dan kesatuan akan tetap terjaga dan bagaima­na melestarikan budaya dan kegiatan sosial lainnya kita ke­pada anak usia dini agar mereka menjadi generasi emas bangsa Indonesia,”ujarnya

BACA JUGA :  RPJPD Kota Bogor 2025 - 2045, Kota Sains Kreatif, Maju dan Berkelanjutan

Menurutnya, upaya pengua­tan budaya lokal memang perlu dilakukan lebih intensif, ber­kesinambungan dan berkelanju­tan.idak saja demi membentengi ketahanan moral masyarakat.

“Tantangannya adalah bagaimana potensi seni dan bu­daya bisa mengakar dalam ke­hidupan masyarakat Kabupaten Bogor, tidak saja dalam filosifis­nya sebagai indentitas daerah, tetapi juga dalam kaitannya den­gan penaman nilai luhur yang mampu menjadi benteng moral masyarakat,” pungkasnya.

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================