Untitled-14 Demi menjaga kesehatan mulut, kebersihan karang gigi sangat perlu diperhatikan. Dokter pun menyarankan untuk membersihkan karang gigi dua kali dalam setahun atau enam bulan sekali.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Kita memang tidak bisa menghindari ka­rang gigi itu sendiri karena karang gigi merupakan plak yang mengeras sehingga saya menyarankan untuk membersihkannya se­tiap enam bulan sekai,” kata drg Falah Kartikawati, Sp­KGA.

Untuk melakukan pembersihan karan gigi, masih banyak yang merasa kuatir bila akan membuat gigi menjadi menipis.

Saat dibersihkan, kita hanya mengangkat ka­rang giginya saja tidak akan mengubah ben­tuk gigi sama sekali. Jadi Anda yang ingin membersihkan karang gigi tidak perlu khawatir,” tutur drg Falah dalam acara seminar awam ramadan, di Aula Griya Puspa RS Persahabatan, Rawaman­gun, Jakarta Timur.

Baca Juga :  Perlu Diketahui, Ini Dia Gejala Panas Dalam Menurut Medis

Bila dibiarkan, karang gigi tersebut dapat mengganggu kesehatan organ lain. Hal tersebut dikarenakan ban­yaknya jumlah bakteri pada mulut yang terus meningkat sehingga menim­bulkan banyak bakteri yang dapat ter­bawa airan darah sehingga menyebab­kan gangguan pada organ lain.

“Pembersihan karang gigi harus di­ulang minimal setiap 6 bulan karena karang gigi secara periodik akan ter­bentuk kembali tergantung berbagai kondisi, seperti kebersihan mulut dan komponen mineral pada saliva Anda. Karenanya penting sekali menjaga ke­bersihan mulut dan menghilangkan sumber-sumber infeksi pada gigi dan mulut,” tutur Prof Lindawati S. Kusd­hany, drg., Sp.Pros(K), dosen tetap FKG UI, staf pengajar Departemen Prostodonsia FKG UI beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Minuman yang Bisa Bantu Redakan Kram Perut saat Menstruasi, Simak Ini!

Soal harga, harga pembersihan ka­rang gigi juga sangat tergantung pada keparahan kondisi karang gigi yang ada.

 

Bagi Halaman