Untitled-12BOGOR, Today – Dari sejak Senin (30/05/2016) Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) Institut Pertanian Bogor (IPB) dis­esaki ribuan para calon mahasiswa dan mahasiswi angkatan baru.

Sekitar 2.300 calon mahasiswa baru In­stitut Pertanian Bogor (IPB) yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Pergu­ruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melakukan registrasi masuk hingga hari ini (2/6/2016). Kegiatan registrasi yang berlangsung se­jak Senin lalu (30/05/2016) ini diadakan di Graha Widya Wisuda (GWW) kampus IPB Darmaga Bogor.

SNMPTN merupakan sistem penyar­ingan mahasiswa baru dengan menggu­nakan nilai raport yang diperoleh siswa selama berada di SMA/SMK/MA dan sed­erajat. Sistem ini mengharuskan pendaf­tar melakukan pendaftaran di situs www. snmptn.ac.id. Selan­jutnya masing-mas­ing PTN melakukan seleksi untuk mene­tapkan calon maha­siswanya.

Persaingan ma­hasiswa baru me­lalui jalur SNMPTN untuk memenangkan bangku kuliah di IPB terbilang ketat. Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Yon­ny Koesmaryono menyebutkan, kuota SNMPTN tahun ini sekitar 40 persen dari kuota daya tampung setiap Program Studi (Prodi) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Penerimaan melalui jalur Seleksi Ber­sama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebesar 40 persen, dan jalur mandiri sebesar 20 persen. Kuota peneri­maan mahasiswa IPB untuk tahun 2016 adalah sekitar 3.700 mahasiswa. Angka tersebut disesuaikan dengan jumlah kapa­sitas asrama mahasiswa Program Pendi­dikan Kompetensi Umum (PPKU). “Maha­siswa tingkat satu wajib masuk asrama, jadi harus disesuaikan dengan jumlah kamar di asrama,” ujarnya. (Latifa Fitria)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================