Untitled-10BOGOR TODAY – Tak hanya rasanya yang lezat, kurma juga dipercaya menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan. Sejumlah penelitian pun sudah membuktikan manfaat men­gonsumsi dari buah berdaging cokelat ini.

Kurma diklaim mampu me­nyehatkan pencernaan. Lima bu­tir kurma mengandung sekitar 115 kalori. Dengan demikian, kurma tinggi serat dan bisa membantu meningkatkan kesehatan pencer­naan. Khususnya saat puasa.

Selain itu, kurma juga men­gandung kalium, magnesium dan vitamin B yang baik untuk tulang. Tak heran jika kurma digemari banyak orang dan selalu men­jadi menu wajib saat berpuasa. Namun tak hanya itu manfaat kurma, berikut manfaat lainnya dari mengonsumsi kurma yang dilansir dari Realbuzz.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Sayap Ayam Goreng Saus Asam Pedas yang Lezat dan Nikmat

Pertama, meningkatkan kes­ehatan otak. Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Amerika Serikat menemukan, bahwa mengonsumsi kurma se­lama puasa bisa mengembalikan fokus dan menjaga kesehatan otak selama puasa. Kurma juga bisa membantu menurunkan jumlah hormon kortisol atau hor­mon stres.

Kedua, menurunkan koles­terol. Ahli jantung di Uni Emirat Arab menemukan, bahwa men­gonsumsi kurma selama mampu mengurangi kolesterol dalam darah. Dengan begitu, mengon­sumi kurma bisa menyehatkan jantung.

Ketiga, detoksifikasi. Tidak mengonsumsi makan dan mi­num saat berpuasa membantu mendetoksifikasi sistem pencer­naan. Di tambah mengonsumsi kurma saat berpuka dan sahur, tentu akan lebih sehat. Kandun­gan tinggi karbohidrat dan fruk­tosa yang mudah dipecah akan menjadi energi membuat tubuh lebih sehat selama puasa.

BACA JUGA :  Kecelakaan Truk Tronton Tabrak Toko-Rumah Warga Jepang Kudus, Diduga Rem Blong

Kurma juga mengandung vi­tamin A, C, B kompleks, tiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat serta diperkaya dengan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, selenium, magnesium, na­trium, cobalt, dan zink.

Keempat, menyerap lebih banyak nutrisi. Menjalankan pua­sa membuat tubuh mengalami peningkatan hormon yang dise­but adiponectin. Akibatnya, otot akan mudah menyerap lebih ban­yak nutrisi. Untuk mencukupi ke­butuhan nutrisi, Anda bisa men­gonsumsi kurma. (Abdul Kadir Basalamah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================