Untitled-26PERKEMBANGAN busana yang semakin dinamis membuat peluang bisnis di bidang ini semakin berkembang pesat. Tak heran jika bisnis ini banyak dilirik oleh para pelaku usaha.

Oleh : Winda Herviana
[email protected]

Simple 8 Corner ialah karya milik Carlina Eriano yang sudah belasan tahun merintis bisnis busana. Ke­cintaannya terhadap dunia fashion serta dukungan penuh keluarga membu­latkan tekadnya untuk terus menghasil­kan karya orisinil yang berkualitas.

Simple 8 Corner memiliki showroom di Kebun Raya Residence, Blok AB Nomor 7, Pasir Kuda, Bogor. Salah satu brand lokal andalan Kota Bogor ini pada awalnya me­masarkan busana wanita melalui bisnis on­line saja. Namun seiring berjalannya wak­tu, tepat di bulan April lalu, dirinya mulai memasarkan produk Simple 8 di butik mi­lik kerabatnya yakni Butik Nicola di Jalan Ahmad Yani Nomor 50, Bogor.

Produk andalan Simple 8 Corner adalah kaftan bordir modifikasi. Tetapi un­tuk memperluas pasar, kini Carlina men­jual beberapa model baju yang dirancang khusus oleh tangannya sendiri.

“Pada awalnya saya menjual hanya model kaftan, namun akhirnya saya me­mutuskan untuk merancang busana yang lebih universal seperti batik maupun mod­el lainnya,” paparnya saat ditemui BOGOR TODAY.

Carlina mengaku, untuk desain serta pemilihan warna dan motif merupakan ha­sil ide kreatifnya sendiri. Wanita berparas cantik ini memang mengaku gemar mem­buat gambar desain dan senang dengan dunia fashion.

Untuk menjaga kualitas agar tak pasa­ran, Simple 8 Corner hanya memproduksi sekitar 20 busana yang serupa. Setelahnya, carlina tidak memproduksi model yang sama lagi. “Ini memang saya lakukan agar bajunya terlihat ekslusif dan tak pasaran,” terangnya.

Carlina memaparkan, modal awal dirinya membuka usaha ini, dirinya rela menggelontorkan dana mencapai lebih dari Rp 35 juta. Carlina terus berjuang un­tuk bisa membesarkan nama Simple 8 agar karyanya dapat diterima oleh masyarakat.

Kisaran harga pakaian yang dijual Sim­ple 8 Corner berkisar antara Rp 225 ribu hingga Rp 375 ribu. Dalam pemasarannya, Carlina mengungkapkan, saat ini dirinya masih fokus untuk memasarkan usaha me­lalui media online serta di Butik Nicola.

Menjalani usaha ini membuatnya mendapatkan keuntungan yang besar. Dalam perbulan, omzet yang diterima bisa mencapai Rp 40 juta. Respon baik dari ma­syarakatlah yang membuat Carlina seman­gat untuk terus mengeluarkan karya-karya unggulan.

“Respon pasar sangat baik. Mereka menerima desain dan produk Simple 8. Terlebih memang sesuai dengan na­manya, saya lebih senang memproduksi busana yang simple, elegan namun tetap kekinian,” terangnya.

Suka duka memang dirasa setiap pelaku usaha. Tak dipungkiri, Carlina juga sempat merasakan kerugian dalam memasarkan hasil karyanya tersebut.

“Pastinya dalam menjalani usaha itu tak melulu laris. Saya juga sempat mera­sakan sepi pembeli, kemudian rugi pada saat melakukan pameran. Sedih karena ha­sil karya kita di duplicate oleh pihak lain. Menerima complain juga pernah, tapi itu membuat saya harus menjadi lebih baik lagi ke depannya,” terangnya.

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================