dollar-billJAKARTA, TODAY – Dolar Amerika Serikat (USD) kembali melemah terhadap rupiah. Mata uang Paman Sam ini bergerak di kisaran Rp 13.300.

Berdasarkan data perdagangan Re­uters, Selasa (7/6/2016), USD pagi ini di­buka melemah ke Rp 13.346 dibandingkan posisi sore kemarin di Rp 13.355.

USD terus melemah dan menyentuh level terendahnya pagi ini di Rp 13.341. Setelah itu, USD langsung naik ke po­sisi tertingginya di Rp 13.382. Mata uang Paman Sam ini terus bergerak naik turun. Hingga pukul 09.32 WIB, USD bertengger di Rp 13.370.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Lansia Terlungkap Gegerkan Warga Kota Padang

Penguatan rupiah pada perdagangan hari ini sejalan dengan pergerakan nilai tukar di Asean yang mayoritas juga men­guat menyusul melemahnya indeks USD.

Ekonom Samuel Sekuritas Indone­sia, Rangga Cipta mengatakan, tekanan pelemahan rupiah terbukti hanya tempo­rer seiring dengan dolar yang kembali le­mah dan mendorong nilai tukar terutama di Asean. “Di tengah inflasi yang rendah, CAD yang menurun serta perlambatan PDB, ruang pelonggaran moneter sudah semakin lebar. Tetapi reli aset berdenomi­nasi rupiah akibat faktor eksternal tetap memerlukan konfirmasi fundamental,” ujarnya yang dikutip dalam riset.

BACA JUGA :  Resep Membuat Semur Daging Betawi yang Enak Anti Gagal

Di Asean, seluruh mata uang menguat. Dolar singapura menguat 0,27 persen, baht Thailand menguat 0,08 persen, peso Filipina naik 0,32 persen, dan ringgit Ma­laysia melonjak 1,05 persen. (Winda/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================