rupiah-melorot-130909bJAKARTA, TODAY – Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada penutupan perdagangan sesi sore ini terpantau masih melemah dan nyaris bertengger di level Rp 13.300 per USD. Nilai tukar rupiah mulai mengalami pelemahan di akhir pekan ini, padahal di awal pekan terus tercatat menguat.

Mengutip Bloomberg, Jumat (10/6/2016), nilai tukar rupiah berada di posisi Rp 13.294 per USD. Di hari ini, day range dari tukar rupiah di Rp 13.281 per USD sampai dengan Rp 13.318 per USD dengan year to date (ytd) return di minus 3,46 persen.

BACA JUGA :  Kakek Penjual Soto Mie Tewas di Dalam Toilet Umum Terminal Laladon

Sementara itu, menurut Yahoo Fi­nance, nilai tukar rupiah berada di po­sisi Rp 13.295 per USD. Nilai tukar rupiah sempat di level tertinggi di Rp 13.315 per USD dan level terendah di Rp13.273 per USD. Sedangkan menurut Jakarta Inter­bank Spot Dollar Rate ( Jisdor), nilai tukar rupiah di posisi Rp 13.309 per USD.

BACA JUGA :  Cara Membuat Sayur Ketupat Betawi Pepaya Muda Anti Gagal

Analis Samuel Sekuritas, Rangga Cipta menjelaskan, gerak rupiah masih menguat hingga walaupun hanya tipis. Momentum penguatan sepertinya mulai jenuh sehingga dengan dolar index yang menguat semalam hari ini nilai tukar ru­piah bisa mengalami pelemahan.

“Optimisme rencana peluncuran pengampunan pajak masih akan men­jaga kekuatan rupiah paling tidak hing­ga minggu depan,” demikian predik­sinya seperti dikutip dari hasil risetnya. (Winda/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================