alfian mujaniSETELAH beberapa ta­hun lewat, cobalah re­nungkan beberapa hal yang dulunya kita ingin­kan namun tak kesam­paian lalu kita kecewa berat sampai protes dan marah pada Allah. Beberapa hal itu ternyata memang lebih baik tidak kita gapai. Dan kini kita bersyukur sekali ka­rena keinginan kita yang dulu itu tak tercapai.

Setelah beberapa tahun lewat, coba re­nungkan beberapa hal lain, yakni sesuatu yang tidak kita inginkan namun terpaksa harus kita lakukan. Kitapun marah pada kenyataan ini sambil protes dan menganggap Allah tidak mengerti keinginan kita. Kini kita ternyata bersyukur atas hal-hal yang terpaksa kita lakukan pada masa lalu karena ternyata menjadi jembatan indahnya hari ini.

Kalau kita mencermati nikmat yang Allah telah berikan kepada kita, ternyata kebanya­kan nikmat itu sesuatu yang tidak kita minta. Allah berikan kepada kita secara tiba-tiba dan cuma-cuma, kadang disertai dengan kejutan-kejutan. Rizki harta diberikan dari arah yang tak diduga, jabatan diberikan di luar jurusan yang ditekuni, jodoh pun kadang karena fak­tor yang sama sekali tak dibayangkan. (*)