Untitled-22Paris, Today – BMW Mo­torrad memperkenalkan motor spesial yakni Kon­sep Lac Rose atau BMW R nineT GS. Motor ini merupakan interpretasi motor rally ikonik tahun 1980-an dengan sentu­han modern.

Konsep Lac Rose ini didasarkan dari BMW R nineT. Namun, desain motornya mirip sep­erti BMW R 80 GS series produksi 1985.

Konsep motor ini diperkenalkan BMW di acara Wheels and Waves yang digelar di Perancis. Motor ini didesain un­tuk merayakan periode kesuksesan motor sport BMW ketika Hubert Au­riol memenangkan reli Paris Dakar pada 1981 dan 1983 dan Gaston Ra­hier juga menang pada 1984 dan 1985.

“Kustomisasi offroad adalah konsep yang me­narik untuk dieksplo­rasi dan dengan resep ini kami ingin memper­temukan GS dan nineT. Dan karena Dakar selalu menjadi berita besar di Perancis, kami ingin merayakan sejarah den­gan tema Perancis un­tuk (acara) Wheels and Waves,” kata Kepala De­sain BMW Motorrad, Ed­gard Heinrich.

Konsep ini ditena­gai oleh mesin yang sama dengan BMW R nineT. Artinya, motor ini dibekali mesin boxer flat twin 1.170 cc berpendin­gin udara.

Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 110 bhp pada 7.550 rpm. Sementara torsinya bisa mencapai 119 Nm pada 6.000 rpm.

Bedanya dengan R nineT, konsep ini hadir dengan skema warna yang terinspirasi dari mo­tor balap reli. Selain itu, konsep ini hadir dengan jok custom, tangki bahan bakar yang lebih besar, dan bagian belakang mo­tor yang dilengkapi den­gan kotak peralatan.

Pelat nomor balap 101 menggambarkan peng­hormatan pada motor R 80 G/S lansiran 1985. (Calviano/NET)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================