BJB-BESARJAKARTA, TODAY – Mengantisi­pasi kebutuhan dana masyarakat di bulan suci Ramadan dan hari libur lebaran, PT BPD Jawa Barat dan Banten (BJB) menyiapkan li­kuiditas sebesar Rp 6,7 triliun.

Dana yang disiapkan terse­but meningkat 8 persen diband­ing alokasi yang disiapkan pada musim lebaran tahun lalu.

Dari jumlah tersebut, seban­yak 62 persen akan didistribusi­kan di wilayah Jabodetabek dan Bandung serta sejumlah kota tu­juan mudik.

Direktur Utama BJB, Ahmad Irfan mengatakan, di luar Ja­bodetabek dana tersebut akan disalurkan ke wilayah Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Semarang, Serang, Surabaya, dan Surakarta.

“Tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi pelayanan untuk persiapan lebaran juga dilakukan disejum­lah kantor cabang di luar Jawa seperti Kepulauan Riau, Bali, Su­matra, Kalimantan, dan Sulawe­si,” ujar Irfan di Jakarta, Rabu (15/6/2016).

BACA JUGA :  Polisi Tangkap Oknum Satpol PP yang Nekat Curi Speaker Aktif di Toko Elektronik

Menurut data dari Kan­tor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat telah meny­iapkan persediaan uang kartal pada Ramadhan tahun ini senilai Rp 16,47 triliun atau naik sebesar 14,1 persen dibanding tahun lalu yang sebesar Rp 14,44 triliun, Hal ini dipicu oleh pening­katan kebutuhan untuk pem­bayaran gaji ke-13 PNS dan THR untuk karyawan pada Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Selain pasokan uang BI juga akan menggandeng bebera­pa bank termasuk BJB dalam menyiapkan layanan penu­karan Uang Pecahan Kecil (UPK) melalui mobil layanan kas yang dilaksanakan mu­lai tanggal 13 Juni 2016 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya yang diaksanakan di Lapangan IRTI Monas.

BACA JUGA :  Jadi Ujung Tombak Jaga Lingkungan, Dedie Rachim Ajak RW se-Kota Bogor Gali Potensi Wisata Wilayah

Sedangkan untuk wiayah Bandung dan sekitarnya dimu­lai pada tanggal 20 hingga 30 Juni 2016 yang dilaksanakan di sejumlah tempat seperti La­pangan Gasibu dan Tegalega serta Alun-Alun Kota Band­ung, Ujungberung dan Cimahi.

“Selain penukaran UPK me­lalui mobil layanan kas kegiatan tersebut juga diaksanakan di se­jumlah kantor cabang BJB yang tersebar di seluruh Indonesia. Lay­anan ini j u g a s e ­j a l a n dengan upaya pihak regulator dalam hal clean money policy,” tambah Irfan. (Winda/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================