MUDIK-GARTISJAKARTA TODAY– Kuota mudik gratis bagi para pemudik sepeda motor yang digelar Ke­menterian Perhubungan sudah terpenuhi sebanyak 82,97 pers­en atau 19.913 penumpang. Pe­mudik itu mengikuti pendafta­ran secara online melalui portal Mudikgratis.dephub.go.id yang dibuka sejak 13 Mei hingga 12 Juni 2016. Sedangkan pendafta­ran offline dibuka 16 Mei-12 Juni 2016. “Itu rekapitulasi mudik gratis hasil validasi sampai den­gan pagi tadi,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Pub­lik Kementerian Perhubungan Hemi Pamurahardjo, dalam ket­erangan tertulisnya, kemarin.

Adapun rincian pendaf­tar untuk arus mudik sebanyak 12.650 penumpang, sedangkan arus balik sebanyak 7.263 pe­numpang. Selanjutnya, untuk jumlah pendaftar angkutan mo­tor gratis dengan moda kereta api sampai dengan kemarin su­dah mencapai 11.154 motor dari total kuota 15.834 motor atau sebesar 70 persen dari kuota.

Pada masa Angkutan Leb­aran 2016, Kementerian Per­hubungan menyediakan total anggaran hingga Rp 20 miliar. Kuota tersebut dibagi untuk arus mudik sebanyak 8.400 sepeda motor dengan 16.800 penump­ang dan untuk arus balik 3.600 sepeda motor dengan 7.200 pe­numpang. Jumlah kuota sepeda motor tersebut mengalami ke­naikan sebesar 275 persen dari tahun 2015 sebanyak 3.200 se­peda motor.

BACA JUGA :  Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Pada Hari Minggu dan Senin

Program mudik gratis peng­guna sepeda motor dengan bus tahun ini melayani sembilan kota tujuan mudik, yaitu Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogya­karta, Solo, Wonogiri, Wono­sobo, Magelang, dan Semarang. Sedangkan untuk arus baliknya dari tiga kota, yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk ang­kutan motor gratis adalah sepe­da motor harus dalam keadaan orisinal dan laik jalan, STNK dan pajak kendaraan dalam keadaan hidup (dilunasi), serta identitas diri (KTP, KK, STNK, dan SIM) yang masih berlaku.

Sementara itu, pendaftaran mudik gratis pengguna sepeda motor dengan menggunakan kereta api dari 8 Maret 2016 sam­pai 6 Juni 2016. Pada 2015, kuota subsidi angkutan mudik motor gratis menggunakan angkutan kereta api sebesar 9.900 sepeda motor. Sedangkan tahun ini jum­lahnya mengalami peningkatan menjadi 15.834 sepeda motor.

BACA JUGA :  Hampir 5.000 Pemudik Mulai Datangi Kawasan Jakarta

Penyelenggaraan mudik se­peda motor gratis dengan kereta api tahun ini menawarkan tiga jalur tujuan, antara lain jalur utara. Di jalur ini, kereta api akan berhenti di Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Sta­siun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, dan Stasiun Sura­baya Pasarturi.

Yang kedua adalah jalur se­latan. Di lintas ini, kereta akan berhenti di Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen, dan Stasiun Kutoarjo. Sedangkan yang tera­khir adalah jalur selatan 2. Di sini, kereta akan berhenti di Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Solojebres, Stasiun Ma­diun, Stasiun Kertosono, dan Sta­siun Kediri.(Yuska Apitya/dtk)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================