Muatan penginderaan jauh dari satelit ini berupa 4 bands multispec­tral imager beresolusi 18 meter dengan lebar swath 100 kilometer. Pemban­gunan satelit itu dilakukan atas kerja sama LAPAN dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Selain dapat memantau tanaman pangan, satelit ini dapat digunakan un­tuk memantau di bidang maritim. LA­PAN juga berkontribusi mengembang­kan produk litbang untuk pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.

BACA JUGA :  Digadang Gantikan Bima Arya, Ini Sosok Hery Antasari Pj Wali Kota Bogor

Untuk mencapai program terse­but, LAPAN akan mendeklarasikan Pengembangan Sistem Pemantauan Maritim Berbasis Iptek Penerbangan dan Antariksa yang berfungsi untuk pemantauan SDA dan lingkungan.

Keempat produk unggulan LA­PAN adalah Sistem Embaran Maritim (SEMAR), AIS, Sistem Pemantauan Bumi Nasional, dan Maritime Surveil­lance System (MSS).

BACA JUGA :  Konsumsi Ini Sebelum Tidur, 3 Minuman Penghancur Lemak Perut

Di sektor maritim, LAPAN juga akan memberikan informasi data satelit un­tuk memantau pergerakan kapal yang ditampilkan dalam gambar klaster. LA­PAN juga bisa membantu Kementerian Pertanian dalam manajemen distribusi pupuk dan prakiraan panen secara na­sional.

(Yuska Apitya Aji/ed:Mina)

 

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================