Untitled-14ALFIAN MUJANI
[email protected]

Menanam pohon setiap hari, me­mang dirawat? Pertanyaan kri­tis ini sering dis­ampaikan banyak kalangan ke­pada Tim Bogor Hejo, pelopor menanam pohon setiap hari di Wilayah Bogor. Pertanyaan ini wajar karena kegiatan mena­nam pohon memang sudah ban­yak dilakukan oleh hampir selu­ruh elemen masyarakat, namun tak semua elemen masyarakat dengan sukarela merawatnya.

Untuk menjawab pertan­yaan di atas, Tim Bogor Hejo, Jumat (24/6/2016) secara khu­sus menengok pohon buah-bua­han yang kali pertama ditanam pada 15 November 2015, di TK-KB Kemuning, Jalan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Di tempat ini ada 12 pohon yang ditanam para inisiator gerakan tanam pohon setiap hari yakni para alumni Fa­hutan IPB E28 Heri Cahyono (Wakil Ketua DPRD Kota Bo­gor), Dr Hari Priayadi dan istri, Suparno Bayunoto S.Hut, Dr Ganjar Nugraha, Pemimpin Re­daksi SKH Bogor Today Alfian Mujani, Ketua RAPI Tato Mar­sito, Indra W Wiraatmaja, dan Kepala TK-KB Kemuning Nurhi­yat Qoriah (Qori).

BACA JUGA :  Bandar Sabu di Bogor Berhasil Ditangkap, Polisi Temukan Barbuk 57,78 gram

Pohon-pohon yang ditanam 7 bulan silam itu—dua pohon mangga, satu rambutan, satu sirsak, empat pala, dua mang­gis, dua jeruk—tumbuh dengan baik. Pohon-pohon yang dulu ditanam berukuran 4 jengkal orang dewasa ini, kini sudah menjadi semeter lebih. Bahkan pohon mangga yang ditanam di halaman TK Kemuning sudah lebih dari dua meter. ‘’Sebet­ulnya jarang kita sirami, tapi karena hujannya cukup lebat dan teratur pohon-pohon itu sehat,’’ kata Kepala TK-KB Ke­muning Nurhiyat Qoriah, Jumat (24/6/2016) saat mengecek dan memupuk pohon-pohon yang ditanam Bogor Hejo kali per­tama.

Meski Qori, panggilan Nurhi­yat Qoriah, mengaku jarang me­nyirami pohon-pohon tersebut, namun dia dan para guru serta penjaga TK Kemuning selalu menjaga pohon-pohon tersebut. Dua pohon jeruk yang ditanam di kebun belakang gedung TK tampak tumbuh subur, pucuk-pucuk mudanya terus bermun­culan. Sementara dua pohon pala yang ditanam di halaman depan juga tak kalah bagusnya. Yang tamak tumbuh lebih cepat adalah pohon rambutan. Dulu, ketika ditanam bibit buah ram­butan ini paling kecil. Tapi seka­rang sudah tumbuh satu meter lebih dan daunnya tampak lebat dan hijau.

BACA JUGA :  Dijamin Nambah Napsu Makan, Ini Dia Resep Sambal Cumi Asin dan Petai yang Lezat dan Sedap

Qori dan para guru TK-KB Kemuning berjanji akan terus merawat pohon-pohon yang ada di lingkungan sekolah, baik pohon buah-buahan yang ditanam Tim Bogor Hejo mau­pun tanaman yang mereka tanami sendiri. ‘’Di sekolah kami ada pelajaran penge­nalan tanaman kepada anak-anak. Mereka selain diajak menanam pohon juga diajari cara merawat pohon yang su­dah ada,’’ kata Qori. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================