Kemasan 10 liter Rp 87.500

Pertamina Dex

Kemasan 10 liter Rp 86.000

Sementara itu, Menteri ESDM, Sudirman Said, menyatakan Pertamina tak boleh lengah, setiap tahun ada tantangan baru yang harus diatasi saat lebaran. Tahun ini, tantangan yang perlu mendapat perhatian khusus adalah pa­sokan BBM ke ruas-ruas tol baru. “Ini kan bagi Pertamina rutin saja, tapi tidak boleh lalai kare­na setiap tahun ada tantangannya tersendiri. Tapi yang menarik karena ini libur panjang, mungkin kesiapannya harus lebih matang kare­na ada jalan tol baru yang tahun lalu kita belum menanganinya,” kata Sudirman, kemarin.

BACA JUGA :  Gertak PSN di Kota Bogor, Libatkan Siswa Berantas Sarang Nyamuk

Sudirman menyebut, ruas tol Pejagan-Pe­malang sebagai contoh, perlu persiapan khusus untuk menjaga pasokan BBM pada kendaraan-kendaraan bermotor pemudik yang melalui tol tersebut. “Jalan tol ruas baru kan nanti ada dari Pejagan ke Brebes Timur keluar di Pema­lang. Saya kira akan ada persiapan khusus. In­syaAllah aman,” ujarnya.

Tol Pejagan-Pemalang adalah jalur mu­dik baru yang belum diketahui dengan pasti kondisinya saat puncak arus mudik. “Belum pernah dilalui dalam keadaan padat, kita belum bisa prediksi. Tapi Pertamina sudah antisipasi, kita sudah siap,” ucap Sudirman.

Secara umum, menurut Sudirman, persia­pan yang dilakukan Pertamina sudah cukup matang. “Saya kira sudah baik karena di beber­apa kantong sudah disiapkan tangki cadangan, jadi melihat dari beberapa hal. Nomor satu stok pasti ditingkatkan, kedua ada kantong-kantong tadi. Kemudian, Pertamina juga menyiapkan contra flow. Jadi kalau nanti terjadi kemacetan, yang menyuplai bukan dari arah yang macet, tapi dari sebaliknya,” tuturnya.

BACA JUGA :  Laga Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Disorot Media Internasional

Sejumlah posko disiagakan untuk menjaga pasokan BBM saat lebaran. “Sejak H-15 sampai H+15 lebaran kita membuka posko. Poskonya dipusatkan di Kantor Kementerian ESDM, ada di BPH Migas juga, kemudian di Pertamina plus 8 regional dan depo-depo,” pungkasnya.

(Yuska Apitya/dtk/ed:Mina)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================