Penelitian ini didasarkan pada penelitian sebelumnya yang menghubungkan antara kenaikan berat badan yang berlebihan dengan penggunaan layar elektronik dan sum­ber cahaya di kamar tidur saat malam hari, para penulis mencatat.

“Paparan cahaya pada malam hari dikaitkan dengan gangguan metabolisme yang terus menumpuk,” kata Lau­ra Fonken, seorang peneliti di University of Colorado yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

BACA JUGA :  7 Makanan Sehat Ini Ternyata Akan Bantu Turunkan Gula Darah

“Secara keseluruhan, tampaknya tidak ada ruginya untuk mencoba menjaga jadwal tidur yang konsisten dan menghindari paparan cahaya di malam hari.”

Hanya mematikan smartphone dan tablet dan mer­edupkan lampu di malam hari mungkin tidak akan terlalu membantu penurunan berat badan,” tambah Illa Karat­soreos, peneliti dari Sleep and Performance Research Cen­ter di Washington State University, yang juga tak terlibat dalam penelitian.

BACA JUGA :  Obat Alami Sesak Napas yang Bisa Dicoba di Rumah, Ini Dia Caranya

“Tetapi jika cahaya lampu atau benda elektronik meng­ganggu pola tidur, mematikan segala sumber cahaya akan sangat membantu.”

“Apa pun untuk meningkatkan ‘kesehatan tidur’ se­seorang seperti mengurangi cahaya dan kebisingan di malam hari akan membantu meningkatkan kualitas tidur, dan ini dapat membantu tubuh bekerja lebih efisien,” tam­bah Karatsoreos. (Latifa Fitria)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================