Untitled-4BANDUNG, TODAY—Mabes Polri dan Polda Jawa Barat tengah fokus meny­iasati kemacetan yang terjadi di jalur tol selama arus mudik lebaran. Ren­cananya, jalur tol dikhususkan untuk kendaraan pribadi. Bus dan truk atau kendaraan berat diminta untuk lewat jalur biasa.

Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Jodie Rooseto mengatakan, salah satu antisipasi kepadatan arus kendaraan saat angkutan Lebaran nanti di jalan tol dengan pengalihan kendaraan besar yakni truk dan bus masuk jalan biasa.

Baca Juga :  BPBD Bogor Mencatat 13 Bencana Dampak Hujan Deras dan Angin Kencang

“Nanti petugas bisa bekerja sama dengan Dinas Perhubungan untuk me­mutuskan apakah masih bisa dilalui atau tidak, kalau sudah padat nanti truk-truk besar dan bus akan dialihkan ke jalur Pan­tura seperit biasa,” kata Jodie di Mapolda Jawa Barat, Bandung, Selasa (14/3/2016).

Jodie mengatakan, penanganan anti­sipasi kepadatan lalu-lintas saat angkutan Lebaran nanti tidak hanya terfokus di jalan tol. “Kita juga tidak boleh hanya terfokus di tol saja, tetap harus memperhatikan jalur biasa,” kata dia. Menurut Jodie, pada angkutan Lebaran tahun lalu, mayoritas pengguna kendaraan memilih lewat jalan tol sehingga jalan arteri biasa relatif lo­wong. “Pengalaman tahun lalu, semuanya eforia masuk jalan tol, ternyata jalan biasa malah kosong. Ini nantinya akan kita laku­kan pembagian di sana,” kata dia.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua