DSC_5809BOGOR, Today – Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor (IPB), Yonny Koesmary­ono mengatakan IPB siap menjadi tuan rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) tahun 2016. Pimnas ke-29 ini akan digelar pada tanggal 7-12 Agustus 2016 mendatang di kampus IPB Darmaga dan diikuti 440 tim Program Kreativitas Maha­siswa (PKM) yang lolos Pimnas dari selu­ruh Indonesia.

“Ini adalah kesempatan kedua IPB menjadi tuan rumah. Pertama kali IPB menjadi tuan rumah yakni Pimnas ke-1 ta­hun 1987. Setelah beberapa puluh tahun, kesempatan itu hadir lagi,” ujar Yonny.

Pimnas diselenggarakan setiap tahun dengan tuan rumah ditetapkan perguru­an tinggi di Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa secara bergantian. Untuk menjadi peserta Pimnas, setiap tim mahasiswa (beranggotakan 3-5 orang) harus bersa­ing dengan puluhan ribu tim lain untuk mendapatkan dana kegiatan dan meng­hasilkan karya terbaik.

Saat ini Pimnas terbagi dalam be­berapa bidang PKM yakni penelitian, kewirausahaan, pengabdian kepada masyarakat, penerapan teknologi, dan penulisan ilmiah. Selain itu ada juga PKM Artikel Ilmiah dan PKM Gagasan Tertulis.