Alfred-RiedlJAKARTA, TODAY-Rencana Alfred Riedl memanggil pemain ke pemusa­tan latihan terbentur kebutuhan klub berlaga di ISC. Solusinya, klub mung­kin hanya melepas tiga pemain. Hal ini terlihat sekali persiapan dari tim­nas sendiri sangat prematur, dimana sangat mepetnya persiapan mengha­dapi AFF.

PT GTS (Gelora Trisula Semesta) berencana memanggil 18 klub ISC un­tuk membahas mekanisme pemang­gilan pemain ke timnas. Ada dua opsi yakni yang pertama kompetisi tetap berjalan bersamaan dengan persia­pan timnas, atau kompetisi berhenti sementara pemusatan latihan timnas berjalan.

“Kami belum mengetahui kapan pemusatan latihan digelar dan sep­erti apa karena kami masih menunggu keputusan rapat GTS dengan klub-klub,” ujar Asisten Pelatih Timnas In­donesia, Wolfgang Pikal, kepada detik­sport.

Namun, pria asal Austria ini tak menampik kemungkinan terburuk yang dihadapinya. Dari awal Pikal mengakui bahwa persiapan timnas memang tidak ideal.

BACA JUGA :  Rafael Struick Yakin Timnas Indonesia Mampu Tumbangkan Uzbekistan

“Bisa jadi setiap klub cuma bisa melepas tiga pemain karena mer­eka juga perlu pemain untuk kom­petisi. Memang situasinya jauh dari ideal. Tapi kami harus terima dan harus kerja keras serta optimistis,” lanjut dia.

Tarik-ulur antara timnas dengan klub terjadi karena jadwal kompetisi domestik tidak disesuaikan dengan agenda internasional. Hal tersebut terhitung sering terjadi di Indonesia, meski untuk tahun ini terjadi lantaran PSSI memutuskan untuk tampil di Pi­ala AFF 2016 setelah pembekuan oleh pemerintah dan sanksi FIFA dicabut. Sementara kompetisi TSC dimulai saat PSSI masih beku.

Sejauh ini, Riedl dan asistennya, Wolfgang Pikal, sudah melakukan pemantauan. Niat untuk menyusun skuat bermayoritaskan pemain muda diungkapkan Pikal saat ditanya hasil pemantauan selama ini, Senin (18/7).

BACA JUGA :  Jadwal Tim Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup dan Uber Cup 2024 Hari Ini

Sebelumnya, Riedl dan Pikal juga sempat memantau langsung pertandingan antara Persib Band­ung dan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Sabtu (16/7) lalu.

“Pasti kami ingin pemain mayoritas pemain muda. Tapi, tidak hanya muda saja, tetapi harus mempunyai kualitas. Kami mencari pemain dengan disiplin tinggi, memiliki kecepatan, fisik oke, teknik dan taktik permainan bagus,” ujar Pikal.

Terkait nama-nama yang bakal dipanggil, Pikal masih enggan mem­bocorkannya. Namun, rencananya dia akan memanggil 40 pemain yang nantinya dikerucutkan menjadi 23-24 pemain untuk dibawa ke Piala AFF 2016 di.

Kendati akan diisi oleh pemain muda, tak menutup kemungkinan Riedl akan memakai pemain-pemain senior yang selama ini dilakukannya. Seperti Firman Utina, Cristian Gonza­les, Hamka Hamzah, dan Tony Sucip­to. (Imam/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================