Sementara itu, Mabes Polri juga mengakui kehabisan material SIM di sejumlah daerah termasuk Polres­tabes Semarang. Menyikapi itu, se­jumlah petugas kepolisian di wilayah mengeluarkan ‘SIM Kertas’ sebagai SIM sementara, salah satunya di Semarang. Mabes Polri mengakui ke­absahan SIM sementara itu.

“Itu hanya sementara, sama den­gan ketika kelengkapan STNK dulu. Itu hanya sementara saja, tetapi itu sebagai bukti keabsahannya,” ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Boy Rafli di Mabes Polri, Jakarta Selatan, kemarin.

Boy mengatakan kekosongan ma­terial SIM akan segera dikirim ke ma­sing-masing daerah. Masyarakat yang telah memiliki ‘SIM Kertas’ dapat menukarnya kembali. “Masyarakat cukup membawa SIM sementara itu untuk melakukan proses foto kemu­dian akan dibentuk SIM yang sesuai. Ini hanya sementara. Karena apa proses pelayanan SIM tidak bisa di­hentikan nggak mungkin kita bilang masyarakat untuk jangan buat SIM dulu karena tidak ada material, tidak bisa,” urai dia.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 30 April 2024

“Yang penting ada tanda bukti telah selesai melaksanakan ujian itu bisa dipegang dulu karena ini hanya masalah teknis terkait internal saja, nanti ketika sudah terpenuhi materi­alnya akan didistribusi ke daerah ses­uai alokasi yang sudah ditetapkan,” paparnya lagi.

Menurut Boy kekurangan bahan material akibat keterlambatan dalam proses pengadaan barang dan jasa. Pi­haknya akan memastikan kekosongan bahan material itu cepat diselesaikan. “Jadi ini ada semacam keterlambatan. Ini adalah proses pengadaan yang tersendat, nanti setelah ini selesai berapa minusnya dan termasuk ren­cana beberapa bulan kedepan pasti akan ada droping dalam jumlah lebih besar lagi,” bebernya.

BACA JUGA :  Pj Wali Kota Bogor Minta Tingkatkan Program DWP Sampai ke Unit

Boy menegaskan kelengkapan material SIM akan segera terisi kurang dari satu bulan. Sehingga proses pelayanan pembuatan SIM berjalan normal kembali. “Ya tidak sampai sebulan sudah tuntas kembali dan mereka yang bertugas menyediakan bahan material itu bisa mendistri­busikan Korlantas ke seluruh daerah-daerah, jadi ini bukan sembarang tempat tetapi seluruh indonesia bagi sarpas-sarpras yang butuh pelayanan tersebut,” pungkasnya.

(Yuska Apitya Aji)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================