Untitled-15RICKY ISKANDAR
[email protected]

Me n a n a m pohon dan m e n j a g a lingkungan di sekolah, bagi Taufiqurrahman meru­pakan bagian penting dari pendidikan karakter di ka­langan peserta dididik. ‘’SMA PUI (Persatuan Umat Islam) Kota Bogor memiliki perha­tian khusus terhadap masalah lingkungan hidup,’’ kata Ke­pala SMA PUI Taufiqurrah­man SH dalam acara penana­nam pohon bersama Bogor Hejo, Jumat (5/8/2016)

Itu sebabnya, meski tim Bogor Hejo dan SKH Bogor Today datang mendadak ke SMA PUI, Taufiq, panggilan akrab Taufiqurrahman, tetap menerimanya dengan tangan terbuka. Bahkan dia sendiri langsung mengikuti acara penanaman pohon ini wa­laupun sebetulnya dia memi­liki kesibukan yang lumayan. ‘’Maaf, tadi saya masih men­gajar,’’ kata Taufiq sambil bergabung.

Puluhan pelajar SMA PUI pun dia siapkan di lapangan untuk mengikuti edukasi pohon dan lingkungan yang disampaikan Tim Bogor Hejo antara lain Pemimpin Redaksi Bogor Today Alfian Mujani. Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito, relawan Bogor Hejo Amel Amalia Dian Puspitasa­ri. Meski udara terasa agak pa­nas karena acara penanaman baru dimulai pukul 10.00 pas jam istirahat pertama, namun para pelajar itu tampak serius mengikuti acara.

BACA JUGA :  Kota Bogor Raih 2 Penghargaan Lomba Video Penanggulangan TBC dari Kemenkes

Taufiq meminta agar para pelajar SMA PUI mengikuti kegiatan penanaman pohon bersama Bogor Hejo ini se­cara sungguh-sungguh hingga benar-benar paham. ‘’Dan, jangan lupa kegiatan mena­nam pohon yang sangat baik ini kalian lanjutkan di ling­kungan perumahan masing-masing. Ajak masyarakat un­tuk melakukan penanaman pohon agar Kota Bogor kem­bali sejuk,’’ kata Taufiq.

Alfian juga mengingatkan kembali bahwa SMA PUI yang memiliki basis keagamaan (Is­lam) sangat kuat, hendaknya menjadi pepolor dan ujung tombak dalam gerakan tanam pohon. ‘’Bagi umat Islam me­manam pohon ini bukan keg­iatan biasa, tetapi merupakan sebuah ibadah yang memiliki nilai luar biasa,’’ katanya.

BACA JUGA :  Perumda PPJ Akan Renovasi Pasar Merdeka, Bakal Ada Rooftop Kuliner

Menurut Alfian, seb­agaimana diajarkan dalam Is­lam, salah satu tugas penting umat manusia di muka bumi adalah merawat lingkungan agar tidak terjadi kerusakan yang parah. ‘’Menanam po­hon adalah salah satu bentuk dari upaya kita merawat dan menjaga lingkungan agar tetap nyaman,’’ katanya.

Mengenai jenis pohon yang ditanam tetap pohon buah-buahan antara lain po­hon citrus (jeruk) sumbangan dari Citrus Department Store dan buah-buahan lain dari Pa­guyuban Budiasi. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================