2Jakarta, Today – Air susu ibu (ASI) me­mang ajaib. Tidak hanya nutrisi paling baik bagi bayi, tapi juga bisa memini­malkan risiko terkena kanker. Mengapa demikian?

“Ibu-ibu yang menyusui selama 2 tahun atau lebih akan terhindar dari kanker. Hal ini karena di dalam ASI ada zat HAMLET (Human Alpha-lactalbumin Made Lethal to Tumour cells) yang bisa mencegah ibu dari penyakit kanker seperti payudara serta serviks,” kata dr Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM.

Hal itu disampaikannya saat ditemui dalam temu media memperingati Pe­kan ASI Sedunia 2016 dengan tema ‘Ibu Menyusui Sampai 2 Tahun Lebih hebat, Anak Sehat & Cerdas dalam Rangka Mewujudkan Keluarga Sejahtera’ di Gedung Adhyatma, Kementerian Kes­ehatan Republik Indonesia, Jl HR Ra­suna Said, Kuningan, Jakarta, Jumat (5/7/2016).

BACA JUGA :  Enak dan Menyehatkan Tubuh, Ini Dia 5 Manfaat Konsumsi Sarang Burung Walet

Pada anak-anak, ASI akan membuat mereka terhindar dari dua jenis leuke­mia yaitu limfositik dan mielositik. Ter­lebih, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012 dan 2014 juga menyatakan bila anak yang diberi ASI selama 6 bu­lan dapat mengurangi 20 persen risiko leukemia.

“Misalnya ada sel leukemia yang me­nyerang anak saat masih menyusu, sel tersebut akan dilawan oleh HAMLET tersebut. Sayangnya, zat ini baru dite­mukan pada 2009 sehingga masih ban­yak yang belum mengetahuinya,” lanjut dr Utami yang juga praktik di RS ST Car­olus, Selemba, Jakarta Pusat.

“Menyusui itu bukan untuk makan anak saja, tetapi juga untuk kualitas hid­up dari anak dan ibunya sendiri,” tutur dr Utami.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Cara Melancarkan BAB Secara Alami, Bisa Cegah Sembelit Juga

HAMLET merupakan zat yang ter­kandung dalam ASI. HAMLET diketahui dapat membunuh 40 jenis sel kanker dengan keuntungan tidak akan merusak sel-sel yang sehat.

HAMLET ditemukan secara tidak sen­gaja ketika para peneliti sedang menyeli­diki sifat anti bakteri yang ada di ASI. Zat ini terdiri dari protein dan asam lemak yang ditemukan secara alami dalam ASI.

Peneliti percaya jika zat aktif ini telah terpapar asam lambung dapat menim­bulkan efek perlindungan yang sama seperti melawan tumor di masa kanak-kanak. Namun mereka menekankan bahwa pengembangan pengobatan an­tikanker dengan HAMLET tergantung pada pengubahan zat ini dalam bentuk obat.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================