Untitled-9ALFIAN MUJANI
[email protected]

Benarkah pohon-pohon yang ditanam Bogor Hejo di sekolah-sekolah dirawat dan tumbuh dengan baik? Pertan­yaan ini sering disampaikan berb­agai kalangan ke Tim Bogor Hejo.

Mereka umumnya terkesan dengan gerakan menanam pohon setiap hari, namun masih meragu­kan apakah pohon-pohon yang di­tanam itu benar-benar dirawat den­gan baik atau justru dibiarkan mati.

Untuk menjawab pertanyaan dari para donatur bibit pohon dan para sponsor kuis pohon, halanan Bogor Hejo hari ini menyuguhkan laporan pertumbuhan pohon-po­hon buah yang ditanam di SMPN 2 Cibinong, Kabupaten Bogor pada hari Senin 25 April 2016.

Wakil Kepala SMPN 2 Cibi­nong bidang Kesiswaan Nenden Nurhayati mengirimkan sejumlah foto pohon buah-buahan yang dita­nam Tim Bogor Hejo bersama para siswa di halaman sekolah tersebut.

BACA JUGA :  Bahas Koalisi Jelang Pilkada 2024, PKB Jadi Parpol Pertama Yang Disambangi Golkar

Ada sekitar 10 pohon buah-bua­han yang ditanam di SPMN 2 Cibi­nong. Semuanya merupakan po­hon buah-buahan sumbangan dari BLH Kabupaten Bogor. SMPN 2 Cib­inong sendiri merupakan sekolah rintisan Adiwiyata. ‘’Alhamdulillah pohon-pohon yang ditanam tiga bulan lalu tumbuh dengan subur,’’ kata Nenden.

Sebagai sekolah rintisan Adi­wiyata, SMPN 2 Cibinong sudah memiliki tradisi merawat ling­kungan yang sangat baik. Para siswanya sudah terbiasa menanam dan merawat pohon di lingkungan sekolah, sehingga sekolahan ini sangat hijau dan teduh.

Tentang pohon-pohon yang di­tanam bersama Bogor Hejo sendiri, tampak dirawat dengan sangat baik. Ada beberapa pohon buah yang sengaja ditanam di dalam pot, tetapi ada juga yang ditanam secara konvensional di tanah. Dan, semuanya tumbuh dengan subur. Bahkan beberapa pohon seperti pohon jambu air tampak tumbuh lebih cepat dari yang lain. ‘’Pohon-pohon ini kami ramat dengan baik, diberi pupuk dan disiram,’’ kata Nenden.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Ayam Goreng Madu yang Praktis dan Lezat

Sekolah SMPN 2 Cibinong yang dipimpin Nina Nurmasari M.Pd ini memang tampak memiliki keung­gulan di bidang lingkungan. Hal ini bisa dilihat dari koleksi pohon yang terdapat di lingkungan sekolah, baik yang baru ditanam maupun yang sudah berbuah. SMPN 2 Cibi­nong benar-benar membuat para siswa betah di sekolah. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================