alfian mujani 240SERIBU kabar tentang kebaikanmu sangat mungkin tidak semua orang percaya. Sementara satu kabar tentang kejelekanmu sangat mungkin semua orang percaya. Nasihat para bijak ini mengisyaratkan agar berhati-hati dalam berperilaku karena satu kabar negatif tentang kita akan mudah merobohkan citra.

Pembunuhan karakter atau character assasination adalah kata yang paling mewakili konteks petuah di atas. Begitu banyak orang baik-baik yang dikesankan tidak baik agar seorang yang tidak lebih baik naik posisi menjadi satu-satunya yang terbaik. Kepentingan yang paling sering menjadi dasar pembunuhan karakter ini adalah kepentingan kekuasaan dan kekayaan. Seringkali nafsu kekuasaan dan kekayaan ini mematikan nurani dan orang begitu kejam.

Dosa pembunuhan karakter seperti ini sangatlah besar, karena bukan hanya korban sendiri yang menderita, melainkan pula keluarga, teman dan sanak kebarabatnya. Yang berdosa bukan hanya pelaku pokok (aktor intelektual) di balik pembunuhan karakter itu, melainkan pula semua yang ikut serta menyempurnakan pembunuhan karakter itu, seperti media, para pencerita, dan para komentator yang tak memiliki hak ikut menyebar luaskannya.