kulitSEBAGIAN  jenis buah diketahui memiliki kandungan nutrisi yang baik di bagian kulitnya, sehingga dianjurkan untuk ikut dimakan. Namun jangan lupa, bersihkan dengan tepat agar nutrisinya tetap terjaga.

Menurut pakar gizi Jansen Ongko, MSc, RD, kulit buah memiliki kandungan serat yang tinggi, misalnya pada apel. Sayangnya, banyak orang enggan mengonsumsi kulit apel karena takut ada kandungan lilin yang biasa diberikan supaya apel awet.

BACA JUGA :  Gula Darah Naik saat Lebaran Bisa Disebabkan 8 Makanan dan Minuman Ini

“Padahal asalkan dicuci bersih, pestisida atau apapun itu hilang. Yang penting, jangan lupa dicucinya harus benar,” tutur Jansen dalam temu media ‘Eat a Rainbow oleh Samsung Electronics Indonesia’ yang diadakan di TCC Batavia, Jl KH Mas Mansyur.

Cara membersihkan buah yang dianjurkan oleh Jansen adalah dengan mencucinya dengan menggunakan air mengalir. Boleh juga jika Anda memilih untuk menggunakan sabun khusus untuk membersihkan buah dan sayur. Asalkan setelah itu pastikan Anda membilasnya sampai bersih. “Jangan lupa digosok-gosok kulitnya saat mencuci,” pesan nutrisionis lulusan California State University, Los Angeles ini.

BACA JUGA :  Jaga Kadar Gula Darah dengan 5 Kebiasaan Pagi yang Penting Ini

Jika setelah dicuci kulit buah apel masih tampak mengkilat, menurut Jansen Anda tak perlu khawatir. Sebab faktanya, apel sendiri memang mengeluarkan lilin alami dari dalam kulitnya. (dtc)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================