1SESUAI dengan visi dan misi sekolah yaitu terwujudnya siswa yang berakhlak mulia, berilmu, cerdas dan terampil, SMP Pesat  mengadakan  lomba bertajuk “Sang Juara” : Be Number One  tingkat SD  dan  SMP se-Bogor Raya, di Kampus 1 Pesat Jalan. Poras No 7 Loji Sindang Barang, Bogor Barat, Kota Bogor,  Minggu (02/10/2016).

Menurut Ketua Panitia Teddy Noor Arievyan, S.S  kegiatan ini diikuti oleh SD dan SMP baik negeri maupun swasta se Bogor Raya. “Kegiatan ini merupakan yang keempat kalinya, dan diharapkan semakin tahun semakin baik kualitasnya,” ujar guru Bahasa Inggris ini.

Salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 adalah usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Seiring dengan tujuan di atas, maka SMP Pesat mengadakan Lomba “Sang Juara” : Be Number One  Tingkat SD  & SMP se-Bogor Raya.

Lomba yang diadaptasi dari acara kuis di salah satu TV swasta ini, selain menguji kemampuan siswa SD dan SMP dalam bidang pelajaran, lomba ini juga menguji wawasan pengetahuan umum siswa yang mungkin sulit dilakukan pada ulangan-ulangan formal.  Lomba ini selain interaktif, juga didesain penuh dengan nuansa teknologi IT serta praktik mata pelajaran.   Sehingga diharapkan semua aspek terintegrasi dalam lomba ini.

Baca Juga :  Lomba Pramuka Tingkat III Kwartir Cabang Kabupaten Bogor Digelar

Public Relation Sekolah Pesat Herlan Sonjaya, SE mengatakan, materi lomba untuk SD meliputi bahan-bahan pelajaran sampai dengan semester ganjil kelas 6 dan wawasan pengetahuan umum.   “Sedangkan materi lomba untuk SMP meliputi bahan pelajaran sampai dengan semester ganjil kelas 9 dan wawasan pengetahuan umum,” tambahnya dengan penuh semangat.

Heru B. Setyawan pemerhati pendidikan Kota Bogor mengatakan, lomba ini memberikan wadah untuk meningkatkan daya saing antar pelajar SD dan SMP se- Bogor Raya. ”Dan lomba ini seperti air minum yang menyegarkan bagi dunia pendidikan di Bogor Raya,’’ katanya.

Selama ini, lanjut  Heru, kebanyakan sekolah menggelar lomba yang bersifat hura-hura, hiburan, dan permainan, memang lomba seperti ini juga penting untuk memberi hiburan pada peserta didik. ‘’Harusnya lomba yang bersifat hiburan jumlahnya sedikit, sedang lomba yang bersifat serius harusnya jumlahnya lebih banyak,” ujar laki-laki asli Blora. (Iman R Hakim)

Baca Juga :  Jalan Tanah Menuju Sekolah, Siswa Harus Melepas Sepatu Saat Turun Hujan

Juara, Be Number One  Tingkat SD:

  1. Nayla Kartika Shafarani (SD Al-Ghazaly),
  2. Fajrina Rizqi Riyadi (SDN Panaragan 3),
  3. Febyana Sri Aminnita (SDN Semplak 2)

Juara Tingkat SMP:

  1. Syadiah (SMPN Dramaga 1),
  2. Chandrika Maharani. A (SMPN Dramaga 1),
  3. Eva Zuhrotun (SMP Al-Ghazaly)

APA KATA SANG JUARA

Nayla Kartika Shafarani (SD Al-Ghazaly) mengatakan lomba ini menarik,”Karena melatih saya untuk memiliki mental sang juara, kadang soal mudah jadi sulit, karena mental kita juga menentukan keberhasilan kita menjawab soal” ujarnya.

Syadiah (SMPN Dramaga 1) lomba ini keren abis,”Saya tertantang dengan ikut lomba Sang Juara, Be Number One, terima kasih Pesat yang telah mengadakan lomba ini,”terang gadis yang bercita-cita jadi dosen ini.