Opini-2-HeruOleh Heru B. Setyawan (Pemerhati Pendidikan)

Pasti pembaca yang budiman kaget dan tidak percaya dengan judul opini di atas, yaitu Indonesia bisa lebih maju dari Jepang asal…penulis juga tidak percaya, jika yang berpendapat itu orang Indonesia, tapi  ini yang berpendapat adalah seorang Jepang yang luar biasa dan bernama Mr. Toshinari Fuchino pimpinan GLECT Jepang. GLECT adalah kepanjangan dari Global Education Communication Technology sebuah perusahaan bertaraf internasional yang bergerak pada dunia pendidikan.  Mr. Toshinari Fuchino adalah seorang pengusaha yang sukses dan mempunyai banyak perusahaan.

Mr. Toshinari Fuchino berpendapat Indonesia bisa lebih maju dari Jepang asal beberapa hal yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia, beliau sampaikan hal itu pada Seminar Pendidikan bertema,”Menjalin Kerjasama Untuk Membangun Pendidikan Berkualitas Berbasis Teknologi,” pada hari sabtu, 01 Oktober 2016. Seminar ini terlaksana atas kerjasama PAUD dan SDIT Bunda Syahir yang beralamat di Jl.Batu Hulung, Marga Jaya, Bogor Barat,  Kota Bogor dan Glect Jepang.

Yang menarik dari Mr. Toshinari Fuchino, beliau sangat tertarik dan suka dengan suasana,  keramahan dan kehangatan orang Indonesia. Kemudian beliau bercerita enam tahun yang lalu saya bosan bekerja dan mau memutuskan untuk pensiun, tapi hal ini tidak jadi saya lakukan, karena saya bertemu dengan banyak orang Indonesia yang ramah, hangat dan berhati bersih atau berhati mulia. Kemudian beliau menambahkan kenapa orang Indonesia berhati mulia, karena agama Islam, saya mengakui kebenaran isi yang ada pada Kitab Suci Al Qur’an. Meski saya beragama Shinto saya sudah menerjemahkan Kitab Suci Al Qur’an ke dalam bahasa Jepang. Dan sekarang saya akan mempelajari secara khusus Surat Al-Fatihah.

Saya pernah ke Cina, Eropa dan keliling dunia, saya tidak mendapatkan apa-apa dari kunjungan saya tersebut, tapi setelah berkunjung ke Indonesia, saya menemukan kebahagiaan karena saya berpikir orang Indonesia kebanyaka berhati bersih/mulia, sementara orang-orang Jepang dan negara-negara yang pernah saya kunjungi kebanyakan berhati kotor.

Kemudian Mr. Toshinari Fuchino meneruskan ceritanya, maka sekarang saya berjanji untuk mengamalkan ilmu dan teknologi yang saya kuasai, untuk saya ajarkan pada bangsa Indonesia, agar bangsa Indonesia menjadi negara maju dan bisa lebih maju dari Jepang. Saya juga pingin hidup, mati dan dikuburkan di Indonesia.

Luar biasa bukan, maka saya mengajak saya sendiri dan seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih mencintai negeri tercinta Indonesia, sesuai fungsi dan kemampuan kita masing-masing. Apalagi bagi mereka masyarakat Indonesia yang berlagak sok kebarat-baratan, misal makan, minum, hoby, barang, jasa dan gaya hidup  yang selalu kebarat-baratan atau selalu berkiblat luar negeri.

Malu kita sama Mr. Toshinari Fuchino yang notabene seorang Jepang beragama Shinto, tapi sangat cinta dan bangga terhadap bangsa Indonesia, ingin mengabdi dan memajukan bangsa Indonesia serta ingin hidup dan mati serta dimakamkan di Indonesia. Mendengar cerita ini saya terharu dan bangga sekali sebagai Muslim Indonesia, tanpa terasa saya meneteskan air mata. Dan inilah penjelasan dari Mr. Toshinari Fuchino mengenai Indonesia bisa lebih maju dari Jepang, yaitu:

Pertama, Indonesia kaya Sumber Daya Alam (SDA), sementara Jepang miskin SDA. Jika Jepang saja miskin SDA bisa menjadi negara maju, maka harusnya Indonesia bisa lebih maju dari Jepang, karena Indonesia sudah punya modal yaitu kaya SDA. Contoh produk kakao (bahan baku untuk membuat coklat) asal Indonesia adalah bermutu terbaik di dunia, tapi kenapa petani kakao di Indonesia masih miskin.

Setelah saya ajari petani kakao dengan metode Glect dan menyuruh petani mengeksport kakaonya, ternyata penghasilannya menjadi lima kali lipat. Jadi permasalahannya ada di Sumber Daya Manusia (SDM). Petani kakao kurang disiplin, kreatif dan tidak mau belajar dengan tehnologi, sehingga hasil produksinya ya itu-itu saja atau hasilnya biasa-biasa saja. Orang Indonesia itu berhati mulia, tapi hati mulia saja tidak cukup, tapi juga harus diikuti dengan semangat kerja yang lebih keras, sehingga hasilnya juga luar biasa.

Padahal menurut penulis, harusnya orang Indonesia khususnya yang muslim, bisa kerja lebih keras dan sukses dengan mempraktikkan salah satu prinsip agama Islam, yaitu” Man Jada Wajada” (Jika kita bersungguh-sungguh dalam segala urusan InsyaAllah hasilnya berhasil)

Kedua, Indonesia belum melakukan nilai tambah terhadap SDA dan barang lainnya. Jika Indonesia telah melakukan nilai tambah terhadap SDA dan barang yang lain, maka SDA dan barang tersebut menjadi barang yang multitambah, dan ini bisa menambah kesejahteraan bangsa Indonesia.

Ketiga, Indonesia harus banyak mengeksport SDA dan barang serta jasa, atau Indonesia harus banyak membuat barang menjadi Made In Indonesia, jangan Made In Japan terus. Penulis yakin InsyaAllah bangsa Indonesia bisa, karena itu semua modalnya ada di SDM Indonesia yang berhati bersih/mulia. Jika dulu Jepang luluh lantah dengan di bom sekutu di Hiroshima dan Nagasaki, dulu Jepang juga kotor dan jorok seperti Indonesia sekarang. Semoga harapan Mr. Toshinari Fuchino agar Indonesia bisa lebih maju dari Jepang bisa terwujud, Aamiin.Jayalah Indonesiaku.

 


6 KOMENTAR

  1. Keren sekali bisa menginspirasi dan memotovasi agar menjadi orang yang lebih berusaha dan lebih baik dari sebelumnya supaya bisa membuat indonesia kedepannya lebih maju

Comments are closed.