pgnCIBINONG, TODAY -  Pemasangan instalasi jaringan gas bumi ke rumah warga di 6.000 rumah tangga di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor sudah selesai dilakukan dan telah digunakan masyarakat.

Terdapat 10 sektor di Cibinong yang mendapat aliran gas bumi untuk keperluan rumah tangga seperti memasak. “Penyaluran gas bumi untuk 6.000 rumah tangga di wilayah Cibinong adalah hasil kerjasama antara Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Perusahaan Gas Negara (PGN),” ujar Kasi Teknik Minyak dan Panas Bumi, Dinas ESDM Kabupaten Bogor, Muhamad Lavi.

Baca Juga :  Kabupaten Bogor Jadi Habitat Sepasang Elang Jawa Jelita dan Parama

Ditjen Migas adalah pihak yang membangun jaringan gas tersebut. Adapun PGN adalah pihak yang mengelola dan mengoperasikan jargas rumah tangga tersebut. “Sinergi ini akan mempercepat perluasan pemanfaatan gas bumi bagi rumah tangga,” kata pria yang akrab disapa Lavi.

Warga yang memanfaatkan gas bumi, sejumlah keuntungan bakal mereka raih. Keuntungan itu adalah harga gas bumi untuk rumah tangga yang jauh lebih murah bila dibandingkan LPG. Sebagai ilustrasi, dengan jumlah pemakaian setara satu tabung LPG 12 kilogram, warga cukup membayar sekitar Rp 40.000.

Baca Juga :  Diserang Hama Wereng, Hektaran Sawah Terancam Gagal Panen

“Selain itu juga ramah linhkungan, aman dan praktis. Gas bumi akan selalu mengalir dan tidak perlu takut langka dan tidak perlu membeli ke warung,” paparnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas ESDM Kabupaten Bogor, sangat berharap pemasangan gas bumi ke rumah tangga bisa ditambah. “Pengajuan sudah kami sampaikan, namun yang menentukan bukan kami, karena disesuaikan dengan daerah mana yang dilalui pipa saluran gas bumi,” tandasnya. (Iman R Hakim)