istock_000055848658medium-1024x947PARA pakar mengingatkan lagi bahaya radiasi ponsel bagi kesehatan. Kali ini tidak ada hubungannya dengan tumor otak, melainkan dengan risiko kulit keriput akibat penuaan dini.

Pengaruh radiasi bagi kesehatan kulit diklaim begitu kuat. Beberapa dokter bahkan bisa menebak tangan mana yang lebih sering memegang ponsel hanya dengan melihat kondisi kulit seseorang.

Hal ini terungkap dalam sebuah presentasi di ajang Facial Aesthetic Conference and Exhibition di London, baru-baru ini. Belum ada dokumentasi ilmiah terkait masalah ini, namun diyakini mekanismenya sama seperti radiasi sinar matahari yang merusak kulit. “Mereka yang sering melakukan selfie dan para blogger harus waspada,” kata dr Simon Zokaie dari Linia Skin Clinic di Harley Street, dikutip dari Dailymail.

Pendapat senada juga disampaikan oleh dr Zein Obagi, dari Obagi Skin health Institute di Beverley Hills. Menurutnya, kondisi kulit bisa menunjukkan tangan mana yang lebih sering dipakai untuk memegang ponsel. “Anda mulai melihat tekstur seperti kotor yang tidak teridentifikasi di satu sisi wajah,” kata dr Obagi.

Baca Juga :  Ternyata Ini Dia 4 Manfaat Dlingo yang Baik untuk Kesehatan

Masih menurut dr Obagi, radiasi magnetik dari ponsel mengubah komposisi mineral kulit. Tabir surya tidak akan membantu karena gelombangnya berbeda dari sinar matahari, tetapi pemberian antioksidan bisa mengurangi kerusakan DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) akibat radiasi elektromagnetik. (dtc)

Baca Juga :  Ternyata Ini Dia 4 Manfaat Dlingo yang Baik untuk Kesehatan