okeKepala SMPN 2 Kemang Bogor Siti Salami MM

Tri Sumantri Maha Putra

Bagi Kepala SMPN 2 Kemang Kabupaten Bogor Siti Salami MM, memanam pohon itu bukan sekedar untuk menghijaukan lingkungan, tetapi lebih luas dari itu untuk merawat paru-paru dunia. ‘’Pohon adalah paru-paru dunia. Jadi, dengan giat menanam pohon berarti juga kita giat merawat paru-paru dunia,’’ katanya saat membuka acara penanaman pohon bersama Bogor Hejo-SKH Bogor Today, di halaman SMPN 2 Kemang Kabupaten Bogor, Senin (10/10/2016)

Itu sebabnya, kehadiran Tim Bogor Hejo, yakni Alfian Mujani, Amalia Dian Puspitasari, Tato Marsito disambut dengan antusias oleh guru dan murid SMPN 2 Kemang. Ratusan pelajar sekolah yang dipimpin Salami sejak April 2015 ini, berbaris di sekolah itu. Dengan semangat yang tinggi, salah satu murid laki-laki menjadi komandan menyusun baris-berbaris tersebut. “Luruskan barisan,” katanya.

Menurut Salami, pihaknya bersama-sama para guru dan murid sedang berupaya menata ruang terbuka hijau yang masih sangat luas itu dengan menanami pohon-pohon buah, pohon lindung, dan pohon hias. Beberapa pohon buah-buahan seperti mangga, jambu jamaika, jambu air, rambutan memang tambak baru ditanam. Area yang masih membutuhkan pohon masih sangat luas. ‘’Kami baru setahun lebih menempati gedung baru ini,’’ kata Salami.

Baca Juga :  Jalan Tanah Menuju Sekolah, Siswa Harus Melepas Sepatu Saat Turun Hujan

Salami sangat berterimakasih kepada SKH Bogor Today melalui gerakan Bogor Hejo dan BLH Kabupaten Bogor yang telah mendukung program green school yang sedang dijalankan SMPN 2 Kemang. ‘’Kami membutuhkan banyak bibit pohon,’’ katanya.

Lantas wanita asal Sumatera Utara ini mengajak seluruh peserta didiknya untuk terus giat menanam pohon dan sekaligus merawatnya. ‘’Merawat pohon yang sudah ditanam jauh lebih penting. Sebab, pohon-pohon yang ditanam itu tidak akan berfungsi sebagai paru-paru dunia dengan baik jika tidak tumbuh subur lantaran tidak dirawat dengan baik,’’ pungkasnya.

Sebelumnya Pemimpin Redaksi SKH Bogor Today Alfian Mujani menjelaskan secara singkat misi dari Gerakan Bogor Hejo ini serta mengingatkan kembali berbagai manfaat dari pohon yang ditanam dan tumbuh dengan subur. ‘’Pohon ini banyak memberikan manfaat, selain manfaat dunia juga manfaat akhirat yakni pahala bagi siapa saja yang menanam pohon,’’ katanya.

Baca Juga :  Lomba Pramuka Tingkat III Kwartir Cabang Kabupaten Bogor Digelar

Seperti biasa, sebelum penanaman pohon dilakukan, Tim Bogor Hejo menggelar kuis edukasi lingkungan yang dipandu Amalia Dian Puspitasari dan Tato Marsito. Kuis pohon ini selain merangsang para pelajar untuk mengingat-ingat kembali manfaat dari pohon bagi kehidupan, juga memberikan hiburan tersendiri. Para murid saling berlomba untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan Amel.

Game yang diberikan Amel ini membuat suasana menjadi ramai dan hidup. Para guru termasuk Kepala SMPN 2 Kemang Siti Salami tampak menikmati Ekspresi dan tingkah lucu dari para muridnya saat menjawab pertanyaan dari Amel. Mereka yang bisa menjawab pertanyaan mendapat hadiah beras dari donatur Bogor Hejo.

Sementara itu, pohon yang ditanam di SMPN 2 Kemang ini semuaya merupakan pohon buah-buahan seperti pohon kemang, bisbul, matoa, durian, rambutan, belimbing, jambu air, dan jambu jamaika.


2 KOMENTAR

Comments are closed.