20161011_182938Tri Sumantri Maha Putra

Gairah menanam pohon setiap hari yang dipelopori SKH Bogor Today melalui Gerakan Bogor Hejo dinilai telah memberi inspirasi untuk belajar memberi secara tulus dan ikhlas. ‘’Menanam pohon itu berarti kita bersedekah oksigen kepada siapapun yang membutuhkanya tanpa ria,’’ kata Sekretaris Adiwiyata SMPN 2 Ciawi Kabupaten Bogor Achmad Supriadi, S.Pd pada acara penanaman pohon bersama Bogor Hejo di SMPN 2 Ciami, Selasa (11/10/2016)

Menueut Yadi, panggilan Achmad Supriadi, menanam pohon adalah amal yang tidak pernah bisa kita pamerkan. Melalui kegiatan menanam pohon kita memberi seribu manfaat kepada mahluk hidup, termasuk manusia. Manfaat itu antara lain oksigen.

Karena itu kata Yadi yang mewakili Kepala SMPN 2 Ciawi, jika satu rumah menanamkan satu pohon saja, tentunya kita sudah membantu keluarga kita dan juga membantu masyarakat lain untuk mendapatkan oksigen secara mudah.

Kehadiran Tim Bogor Hejo, yakni  Alfian Mujani, Amelia Dian Puspitasari, dan Tato Marsito disambut baik oleh guru dan murid SMPN 2 Ciawi Kabupaten Bogor. Sebagai sekolah Adiwiyata mandiri tingkat nasional, para guru, murid, dan pimpinan SMPN 2 Ciawi memiliki kesadaran lingkungan yang sangat luar biasa. Aneka pohon buah-buahan tumbuh dengan subur dan terawan di tempat ini.

Baca Juga :  Resep Minuman Es Gempol Khas Jepara yang Segar

Sikap para muridnya pun menarik. Selurh siswa dan siswi yang sedang berolahraga di halaman sekolah, langsung saja memasuki barisan acara menanam pohon. Yadi dengan mudah mengatur para murid untuk barisan secara rapih. Begitu juga siswa siswi yang tengah mengikuti pelajaran bilogi di kelas langsung bergabung.

Yani juga sangat bertrimakasih atas kedatangan Tim Bogor Hejo, dimana program yang berjalan ini menjadi sebuah amal yang sangat tidak ternilai. Meskipun kegiatan ini hanya penanaman pohon namun hal itu sangat berdampak penting untuk manusia dan alam semesta,

“Pohon dapat menyimpan air bersih. Saat ini ga air mineral jauh lebih mahal dibandingkan harga bensin. Kita tidak bisa bayangkan berapa harga air bersih sepuluh tahun mendatang jika kita tidak menjaga kelestarian alam dengan menanam pohon,’’ kataanya.

Sebelumnya Pimpinan Redaksi SKH Bogor Today Alfian Mujani menjelaskan secara singkat misi dari Gerakan Bogor Hejo. Salah satunya untuk mengingatkan kembali masyarakat tentang pentingnya kegiatan menanam pohon. ‘’Kegiatan menanam pohon itu memberikan manfaat untuk dunia dan memberi pahala kelak di akhirat bagi siapa saja yang menanam dan merawatnya,’’ katanya.

Baca Juga :  Resep Membuat Stik Marshmallow, Cemilan Anak

Seperti biasa sebelum penanaman pohon dilaksanakan, Amel dan Tato menggelar kuis pohon berhadiah beras. Kuis pohon ini merangsang pola ingat pelajar untuk menyampaikan kembali apa saja manfaat dari pohon untuk kehidupan manusia. Juga memberikan hiburan tersendiri dari tingkah para murid yang menjawab pertanyaan yang diutarakan oleh Amel Dian Puspitasari.

Game edukasi inipun membuat suasana ramai penuh tawaan dari murid dan guru SMPN 2 Ciawi saat melihat salah satu murid menjawab dengan gugup dan malu-malu. Mereka yang dapat menjawab pertanyaan mendapatkan beras dari donatur Bogor Hejo.

Semua pohon yang ditanam di SMPN 2 Ciawi merupakan pohon buah-buahan sumbangan dari BLH Kabupaten Bogor. Kepala SMPN 2 Ciawi Kabupaten Bogor Dadi Hidayat,S.Pd.,M.Si tampak hadir di akhir acara dan menerima pohon secara simbolik dari Alfian Mujani.