kakianToyota Motor Corp dan Suzuki Motor Corp telah setuju untuk melakukan kolaborasi bersama untuk membangun mobil hijau, pengembangan keselamatan dan teknologi informasi.

Kolaborasi akan mencoba untuk menguatkan pasar mobil murah dan mobil kompak Suzuki dan penguatan Toyota dalam pengembangan di kelas mobil yang lebih besar. Dalam keterangan yang dikutip Automotivenews.com, kolaborasi tersebut masih menempatkan kedua merek itu sebagai pesaing namun dalam waktu yang sama Suzuki-Toyota bersama bekerja sebagai tim.

Kolaborasi ini disepakati setahun setelah Suzuki tidak lagi melanjutkan aliansinya dengan Volkswagen Group terkait transfer teknologi dan kontrol perusahaan. Toyota, memiliki aliansi yang lebih baik dan berjalan mulus dengan Mazda Motor Corp dan Subaru Fuji Heavy Industries, ketimbang Suzuki-Volkswagen. “Toyota adalah pemimpin industri saat ini, dan yang paling masuk akal dalam pengembangan teknologi masa depan dan yang terdepan,” kata Direktur Utama Suzuki, Osamu Suzuki. Ia mengatakan kerjasama dengan Toyota terjadi setelah munculnya pembicaraan Suzuki dengan mantan Dirut Toyota Shoichiro Toyoda yang merupakan ayah dari CEO saat ini Akio Toyoda.

Baca Juga :  Bank Pembiayaan AS, Mulai Mengurangi Kredit Kendaraan

Akio Toyoda menilai kerjasama tim adalah suatu keharusan untuk mengembangkan industri yang lebih baik bagi lingkungan. “Kami perlu memiliki kemampuan untuk merespons perubahan jika ingin bertahan. Dalam hal pengembangan dan riset setiap perusahaan yang berkerja sendiri jadi sangat penting jika kita memiliki partner yang memiliki tujuan dan hasrat yang sama,” kata Akio.

Baca Juga :  SEO yang Baik Harus Berdampak Bagi Bisnis

Kedua pabrikan itu belum menyebut rencana besar apa yang akan mengikat Toyota dan Suzuki. Rencananya, Toyota-Suzuki akan melakukan konferensi pers malam kemarin.(Yuska Apitya/dtk)