JAKARTA TODAY- Total kepemilikan saham di pasar modal di Bursa Efek Indonesia saat ini masih didominasi oleh investor asing. Persentase investor asing dengan investor domestik di Bursa Efek Indonesia (BEI) berbanding 60% dan 40%. Sehingga keuntungan atau return dari investasi di pasar modal sebagian besar dinikmati oleh investor asing.

“Dari kepemilikan saham di BEI, 60% tersebut dimiliki asing,” kata Kepala Pengembangan Investor BEI Irmawati Amran dalam kampanye Yuk Nabung Saham di Car Free Day Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (16/10/2016).

Baca Juga :  Resep Masakan Wedang Ronde Isi Kacang

Investor asing juga cenderung membeli saham dengan tujuan investasi jangka panjang. Mereka pada umumnya membeli dalam jumlah besar dan mendapatkan return yang cukup banyak. “Asing kalau beli banyak di saham-saham yang bagus, saham-saham yang besar. Jadi keuntungan-keuntungan investasi di pasar modal masih dinikmati asing,” ujar Irmawati.

Baca Juga :  Resep Masakan Perkedel Teri Renyah

Namun, jika dilihat dari segi transaksi, investor domestik masih mendominasi. Investor domestik tercatat melakukan transaksi 60% lebih banyak dibandingkan investor asing. “Kalau nilai transaksi 60% dipegang lokal. Masih ramai setiap hari,” kata Irmawati.(Yuska Apitya/dtk)