image_1476741639_17009248LIVERPOOL, TODAY—Permainan defensif Manchester United disebut-sebut sebagai biang hasil imbang 0-0 melawan Liverpool. Tapi Jose Mourinho tak sepakat dengan hal itu.

Permainan defensif yang diperagakan MU dalam pertandingan di Anfield, Selasa (18/10/2016) dinihari WIB, membuat penguasaan bola mereka hanya sebesar 35%. Itu merupakan total penguasaan bola terendah MU dalam sebuah laga Premier League sejak Opta melakukan pencatatan statistik pada 2003/2004.

Meski MU hanya mencatatkan satu tembakan ke arah gawang dari total tujuh kali percobaan dan satu tendangan sudut, Mourinho menilai Liverpool-lah yang seharusnya dikritik.

Sepanjang laga, dengan penguasaan bola sebesar 65%, Liverpool tercatat melepaskan sembilan tembakan dengan tiga di antaranya mengarah ke gawang. “Musim lalu MU menang di sini. Liverpool punya 14 tembakan ke gawang dan MU punya satu,” ujar Mourinho seperti dikutip dari ESPN FC.

“Berapa tembakan ke gawang yang dibuat Liverpool hari ini? Dua (statistik resmi mencatat tiga .red). Dua tembakan ke gawang dengan 65% penguasaan bola. Anda harus kritis ke Liverpool. Ini masalah mereka, bukan kami,” katanya.

“Itulah permainan yang kami mainkan. Kami tidak mengontrol pertandingan dengan menguasai bola sepanjang waktu,” imbuh Mourinho.

Liverpool dan Manchester United harus puas berbagi satu poin di laga lanjutan Liga Inggris. Mereka bermain imbang tanpa gol di pekan ke delapan.

Baca Juga :  Laga Persija Jakarta vs Persita Tangerang Resmi Ditunda

Saat melakoni pertandingan di Anfield, Liverpool bermain dominan secara penguasaan bola. Mereka dicatat situs resmi Liga Inggris mampu melakukan 65,6 persen penguasaan bola.

Soal peluang, kedua tim cukup berimbang. Liverpool mampu melakukan sembilan kali percobaan, tiga menemui bidang. Sementara itu, MU tujuh kali melepaskan attempt, cuma satu mencapai sasaran.

Dengan hasil ini, Liverpool ada di posisi empat dengan raihan 17 poin. Sementara itu, MU ada di posisi tujuh dengan koleksi 14 angka.

Jalannya Pertandingan

MU mendapatkan peluang pertama di menit keenam, lewat sebuah sepakan bebas. Belum membuahkan hasil, sepakan Zlatan Ibrahimovic masih melesat.

Hingga menit ke-10, bola masih lebih banyak bergulir di sisi tengah lapangan. Liverpool belum melepaskan percobaan. Sementara itu, MU melepaskan attempt lewat Paul Pogba, yang masih melesat, di menit 13.

MU mengancam lagi di menit 17. Berawal dari kerjasama Antonio Valencia dan Marcus Rashford di sisi kanan, Ibrahimovic mendapatkan peluang terbuka di muka kotak penalti Liverpool. Sial bagi MU, bola eksekusi Ibrahimovic masih bisa ditangkap oleh kiper Liverpool, Loris Karius.

Liverpool mendapatkan kans di menit 23. Emre Can yang melakukan percobaan, bolanya masih melesat jauh dari sasaran.

Enam menit berselang, shot on target pertama untuk Liverpool hadir. Roberto Firmino yang membukukannya, dengan satu sundulan kepala.

Baca Juga :  Leo/Daniel Lolos Lagi, Berikut Jadwal Final Thailand Masters 2023

Hingga memasuki menit 40, pertandingan antara Liverpool melawan MU belum banyak shot on target tercipta, permainan lebih banyak terjadi pertarungan di lini tengah. Tak ada gol tercipta di babak pertama, skor masih sama kuat 0-0 saat turun minum.

Ibrahimovic menyia-nyiakan peluang di menit 54. Bola crossing Pogba gagal dia sundul ke arah gawang Liverpool, arahnya masih menyamping.
David De Gea melakukan penyelamatan gemilang di menit 71. Dia menepis sepakan melengkung yang dilakukan oleh Philippe Coutinho dari luar kotak penalti.

MU mendapatkan peluang 10 menit berselang. Sundulan Marouane Fellaini memanfaatkan sepak pojok, masih belum menemui bidang.
Antonio Valencia melakukan intersep penting di menit 84. Dia mampu menghalau bola di kaki Firmino yang sudah tinggal berhadapan dengan De Gea.

Di sisa pertandingan tetap tak ada gol tercipta, skor tetap 0-0 menghiasi papan skor saat wasit meniup panjang peluit tanda laga sudah selesai.

Susunan Pemain

Liverpool: Karius, Clyne, Matip, Lovren, Milner (Moreno 86), Can, Henderson, Coutinho, Mane, Sturridge (Lallana 60), Firmino (Origi (85)

MU: de Gea, Valencia, Bailly, Smalling, Blind, Fellaini, Pogba, Rashford (Rooney 77), Ander Herrera, Young, Ibrahimovic