CIBINONG, TODAY – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, tidak hanya sibuk mengurus bencana, namun membantu menciptakan lingkungan yang bersih.

Untuk menciptakan lingkungan bersih, BPBD pun menyalurkan 100 tong sampah kepada sejumlah desa. “Pembagian tong sampah ini hanya untuk desa tangguh saja. Ada sekitar 6 desa yang mendapat bantuan tong sampah,” kata Kepala BPBD Kabupaten Bogor, Koes Parmanto CH.

Koes Parmanto meminta, masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan agar Bumi Tegar Beriman ini terhindar dari segala bentuk bencana alam.

“Seringnya terjadi banjir di Kabupaten Bogor ini, tidak terlepas dari kelalaian kita menjaga dan memelihara lingkungan masing-masing,” ujar Koes – sapaan akrabnya.

Baca Juga :  Pengamanan Bogor Street Fest CGM 2023, 1.014 Personel Gabungan Diturunkan

Terkadang, lanjut dia, masyarakat menganggap sepele hal kecil semisal urusan sampah. Padahal, sekecil apapun tindakan pengrusakan lingkungan akan menyebabkan musibah dan bencana dimana masyarakat akan menjadi korban.

“Untuk mengatasi masalah lingkungan sangat dibutuhkan kebersamaan dan komitmen serta langkah nyata oleh semua pihak agar daerah ini aman dari bencana,” ungkapnya.

Lebih lanjut Koes menjelaskan, bahwa menjaga lingkungan kehidupan itu dimulai dari hal yang kecil dan mudah dilakukan, misalnya memilah dan membuang sampah pada tempat yang disediakan.

“Membakar sampah pada tempat tersedia, tidak membuang sampah di aliran drainase atau sungai karena bisa menyebabkan penyumbatan dan mencemari sungai serta sampah akan menjadi menumpuk,” tuturnya.

Baca Juga :  Ribuan Pelaku Seni Bakal Padati Jalan Suryakencana Meriahkan Bogor Street Fest CGM 2023

Sebenarnya wujud dari pemeliharaan lingkungan yang penting adalah adanya niat dan itikad baik dari masyarakat itu sendiri. “Jika semua warga punya prinsip yang sama dan sepakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, saya yakin bencana alam seperti banjir akan bisa teratasi dan bisa diantisipasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Pencegahan BPBD Kabupaten Bogor, Toni Rohimat menuturkan, bahwa dalam menyalurkan bantuan tong sampah ini, dalam rangkaian cegah rawan bencana di Bumi Tegar Beriman.

“Sebagian sudah kami berikan ke desa. Ada tida desa lagi yang belumkami salurkan yakni, Desa Pondok Rajeg, Karang Asem dan Desa Cipayung. Setiap desa kebagian kurang lebih 20 tong,” kata Toni. (Iman R Hakim)