okeAlfian Mujani

[email protected]

Bagi Kepala SDN Dewi Sartika 3 Kota Bogor Nurdahniar, giat menanam pohon itu bukan hanya menghasilkan manfaat standar seperti dijelaskan Ilmu Biologi. Tetapi menanam pohon itu berkaitan erat dengan membangun karakter positif anak bangsa. Bahasa lainnya membangun ahlak mulia pada peserta didik.

‘’Mengapa menanam pohon itu terkait erat dengan pembangunan karakter? Sebab, menanam pohon itu perlu keikhlasan, kecintaan, dan kesabaran,’’ kata Nurdahniar pada acara tanam pohon bersama Bogor Hejo dan Surat Kabar Haran Bogor Today di halaman SDN Dewi Sartika 3 Kota Bogor, Jumat (21/10/2016).

Kepada puluhan muridnya, Nurdahniar dengan bersemangat menjelaskan bahwa seseorang yang tertarik menanam pohon itu pasti memiliki keikhlasan untuk meluangkan waktu dan tenaganya mengerjakan pekerjaan yang tak langsung berbuah hasil. Setelah menanam, dia juga harus memiliki kecintaan dan kesaaran untuk merawat pohon yang ditanam itu agar tumbuh subur dan memberi manfaat bagi orang banyak.

BACA JUGA :  Dedie Rachim Apresiasi Renovasi MCK SDN Semeru 6 Kota Bogor

‘’Banyak orang menanam pohon karena ikut-ikutan atau karena terpaksa. Lalu setelah ditanam, pohon itu tidak dirawat dengan penuh cinta dan kesabaran, ya pohonnya tidak tumbuh,’’ kata perempuan yang belum setahun menjadi kepala sekolah ini.

Selain itu, lanjut Nurdahniar, menanam pohon juga memberi pelajaran tentang pentingnya sebuah proses dan perjuangan untuk mencapai hasil yang optimal. ‘’Tidak ada keberhasilan dan kesuksesan yang kita capai secara instan, semua harus melalui proses panjang dan perjuangan,’’ katanya.

Penjelsan dari Nurdahniar itu tampaknya menacap di hati dan pikiran para murid SDN Dewi Sartika 3 yang ikut acara nanam pohon bareng Bogor Hejo. Terbukti, ketika Amalia Dian Puspitasari dan Tato Marsito dari Tim Bogor Hejo menanyakan ulang apa yang dijelaskan Nurdahniar tersebut hampir semua anak-anak menyimak.

BACA JUGA :  SBR 'Manifesting The Future', Pamerkan Karya Seni Siswa Penuh Filosofi

Maka tak heran jika para murid SDN Dewi Sartika 3 ini juga dengan fasil bisa mengemukakan aneka manfaat menanam pohon, faktor-fakto penyebab pencemaran lingkungan, bahkan mereka tahu hubungan antara giat nanam pohon dengan pembentukan karakter.

Dengan penuh semangat para murid dan guru SDN Dewi Sartika 3 ini mengikuti acara edukasi dan penananam pohon hingga akhir. Mereka juga tampak senang mendapatkan hadiah berupa beras dari donatur Bogor Hejo, meski hanya anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan saja yang diberi hadiah.

Pohon yang ditanam semuanya pohon buah-buahan antara lain pohon citrus (jeruk) sumbangan dari Citrus Department Store, pohon nangka, dan pohon mangga. ‘’Kami akan terus menata lingkungan agar lebih hijau dan terasa lebih sejuk,’’ tutup Nurdahniar.

============================================================
============================================================
============================================================