okeSATU lagi gebrakan SMAN 5 Kota Bogor di bidang sastra. Salah satu SMA terbaik di Kota Hujan ini menggelar acara LaSastra 5 ke-16 pada 25-26 Oktober 2016.

‘’LaSastra atau lomba bahasa dan sastra merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 5 Kota Bogor dalam rangka memperingati bulan bahasa,’’ kata Kepala SMAN 5 Kota Bogor Dr Hj Dewi Suhartini M.Pd kepada Bogor Today, Selasa (25/102016).

Menurut Dewi, Lasastra merupakan kegiatan rutin tahunan yang ditujukan untuk memeriahkan bulan bahasa. Bulan bahasa tersebut diawali dengan munculnya Sumpah Pemuda yang salah satu sumpahnya mengenai bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

‘’Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan wajib kita jaga keberadaannya. Maka dari itu, saya selaku pimpinan SMA Negeri 5  Bogor sangat mendukung untuk terus dilaksanakan kegiatan yang baik ini agar kita semakin cinta dan bangga terhadap bahasa sendiri. Sesuai dengan tema Lasastra kali ini yaitu “Membanggakan Bangsa dengan Sastra Indonesia,” ungkap Dr. Hj. Dewi Suhartini, M. Pd.

Baca Juga :  Lomba Pramuka Tingkat III Kwartir Cabang Kabupaten Bogor Digelar

Acara Lasastra ke-16 dihadiri oleh Wakil Walikota Bogor, Ir. H. Usmar Hariman sekaligus membuka acara Lasastra 5. Hadir pula pada kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Dr. H. Edgar Suratman, S.E., M.M. dan para peminat sastra.

Acara Lasastra diikuti oleh SMP/M.Ts/sederajat dan SMA/SMK/MA/sederajat, wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. Jenis perlombaan yang dilaksanakan untuk tingkat SMP/M.Ts adalah lomba pidato nonteks, menulis puisi, membaca puisi, membuat poster, mendongeng, dan membuat cerpen.

Baca Juga :  Jalan Tanah Menuju Sekolah, Siswa Harus Melepas Sepatu Saat Turun Hujan

Sedangkan untuk tingkat SMA/MA/SMK adalah lomba berbalas pantun, monolog, musikalisasi puisi, meresensi novel, dan reportase. Dari keseluruhan mata lomba yang ada, jumlah peserta acara Lasastra ke-16 mencapai 736 peserta.

Selain mengadakan lomba untuk memeriahkan bulan bahasa, Lasastra 5 juga menghadirkan bintang tamu sastrawan yaitu Asrizal Nur, bintang tamu penulis yaitu Pidi Baiq serta bintang tamu musisi yaitu Van Der Wijck dan Alika. (humas sman5)