alfian mujani 240NAMA William Shakespeare selalu mengingatkan kita pada satu kalimat populer: “Apa arti sebuah nama.” Shakespeare sangat terkenal dengan karya sastranya. Hamlet dan Romeo and Juliet adalah karya fenomenalnya. Shakespeare sendiri penuh misteri. Tak ada yang tahu persis kapan dia dilahirkan. Ternyata tahu tanggal lahir bukan syarat untuk menjadi terkenal.

Ada satu nasihat bijak yang terekam sejarah sebagai buah tutur Shakespeare. Untuk menjadi pribadi yang tegar bahagia dalam kehidupan, kata dia, perlulah selalu mengingat empat hal: ingat dan pegang erat prinsip hidup dalam kondisi apapun, jaga dan hormati selalu nilai-nilai kemanusiaan, dunia ini kecil karenanya jangan dibesar-besarkan, dan perjalanan hidup di dunia itu cepat karenanya jangan disia-siakan.

Tafsir kata-kata Shakespeare bisa beragam. Yang penting tafsir itu hendaknya mengarah pada nilai kebenaran agar berbuah kebaikan dalam hidup semua orang. Untuk mewujudkan prinsip dalam kehidupan sungguh diperlukan perjuangan. Godaan terbesarnya adalah hawa nafsu dan keserakahan.