MANCHESTER, TODAY—Nama Victor Lindelof belakangan makin ramai diberitakan media Inggris setelah dia dikabarkan jadi incaran Manchester United. Siapa sebenarnya bek 23 tahun asal Swedia itu?

Sudah sejak November lalu MU dikaitkan dengan Lindelof, yang saat ini bermain di Liga Portugal bersama Benfica. Ketika itu sebuah media lokal Portugal mengabarkan kalau The Red Devils sudah mengutus jaringan pemantau bakatnya untuk melihat secara langsung kemampuan pesepakbola yang sudah jadi anggota tetap Timnas Swedia itu.

Untuk mendapatkan Lindelof, MU kabarnya siap menggelontorkan uang sebesar 36 juta poundsterling. Cukup mahal untuk seorang bek muda yang bisa dibilang belum punya nama besar. Siapa sebenarnya Lindelof?

Dikutip dari SkySports, Lindelof memulai kariernya di klub lokal Swedia, Vasteras SK. Dia mengikat kontrak bersama Benfica saat berusia 17 tahun pada Desember 2011 lalu. Di klub raksasa Portugal itu Lindelof harus menunggu cukup lama untuk bisa mendapatkan kesempatan bermain di tim utama. Debut Lindelof main di tim utama baru datang di Oktober 2013.

Sejak saat itu dia mulai jadi bagian tim utama Benfica. Musim lalu dia tak tampil maksimal karena sempat diganggu cedera. Bermain 15 kali di Liga Portugal dia mencetak satu gol dan punya peran besar mengantar Benfica jadi kampiun.

BACA JUGA :  Bima Arya Ajak Ratusan PKWT Ngaliwet, Siap Perjuangkan Kesejahteraan

Penampilan impresifnya membuat dia dipanggil masuk Timnas Swedia. Dia menjadi salah satu pemain yang dipanggil untuk tampil di Piala Eropa 2016 lalu. Lindelof bahkan tampil di tiga pertandingan fase grup Swedia, meski gagal mengantar negaranya lolos dari fase grup. Dia kini tercatat memiliki 11 caps dan sudah mencetak gol pertamanya ketika mengalahkan Bulgaria 3-0.

Lindelof sempat dikabarkan akan dibeli Middlesbrough pada bursa transfer musim dingin lalu. Namun dengan penampilannya yang terus menanjak setahun terakhir, dia kini malah punya peluang besar pindah ke Old Trafford.

Dengan tinggi badan 188 cm, Lindelof disebut punya tipikal sebagai bek tengah yang tangguh. Dia juga memiliki mobilitas yang tinggi serta kemampuan untuk beroperasi sebagai bek kanan. Dalam beberapa pertandingan bersama Timnas Swedia dia dimainkan di posisi tersebut.

Mourinho dikatakan sangat terpikat dengan pesepakbola yang karena ketenangannya dan kepercayaan dirinya dijuluki ‘The Iceman’ itu. Lindelof diyakini memiliki modal yang sangat baik untuk bisa berlaga di Premier League yang keras.

BACA JUGA :  JELANG LAGA MALAM INI, TIMNAS VS AUSTRALIA

Upaya MU memboyong Lindelof dapat dukungan dari Zlatan Ibrahimovic. “Saya pikir Victor sudah melakukan beberapa hal yang hebat, dia bermain bagus di Benfica, dia punya tanggung jawab yang besar buat timnas sekarang, dia terus berkembang.”

“Apakah dia cukup bagus untuk United? Saya pikir dia cukup bagus untuk klub-klub besar yang ada di sana. Semua kembali padanya tentang apa yang dia inginkan. Apapun yang dia pilih akan bagus untuknya. Saya tahu dia sedang diincar di bursa transfer, jadi biarkan dia membuat pilihan yang tepat, yang cocok dengannya,” ucap Ibra.

Mantan pelatih Timnas Swedia, Lars Lagerback, punya pendapat serupa. Dia menilai Lindelof punya potensi menjadi pemain top. “Saya pikir Lindelof bisa menjadi pemain kelas dunia. Saya suka sikapnya, dia cepat dan efektif dengan pemahaman yang bagus terhadap permainan. Swedia punya masa depan yang berprospek bersama dia.” (dtc)

============================================================
============================================================
============================================================