Alfian Mujani

[email protected]

Pendukung Liverpool dibuat kecewa dengan penampilan tim kesayangannya sepanjang Januari ini. Satu-satunya yang bias mengobati kekecewaan itu adalah kemenangan atas Chelsea.

Liverpool sebenarnya dalam laju apik setidaknya sampai laga penutup tahun di mana mereka menang 1-0 atas Manchester City. Tapi, setelah itu performa Liverpool menurun drastis selepas pergantian tahun.

Diawali hasil imbang 2-2 kontra Sunderland, Liverpool hanya meraih satu kemenangan dan itu pun dari tim sekelas Plymouth Argyle dengan skor 1-0. Sisanya Liverpool meraih empat kekalahan dengan tiga di antaranya didapat secara beruntun.

Tiga kekalahan itu diderita di kandang dan membuat Liverpool kehilangan kans meraih gelar juara, usai kalah di semifinal Piala Liga Inggris dari Southampton serta disingkirkan Wolverhampton di babak keempat Piala FA.

Kini Liverpool pun terancam menuntaskan musim tanpa gelar lagi karena di Premier League posisinya juga tak menguntungkan. Ada di posisi keempat klasemen dengan selisih 10 poin dari Chelsea di puncak klasemen.

Sudah begitu Liverpool melakoni laga berat di Anfield, kontra Chelsea. Posisi The Reds jadi underdog meski bermain di kandang sendiri.

Maka dari itu, Klopp pun meminta para pemainnya untuk tampil sebaik mungkin dan meraih kemenangan demi menghapus kekecewaan fans selama sebulan ini.

Baca Juga :  Sanksi Kepada Rusia dan Belarus Datang Lagi Dari Dunia Olahraga

“Menurut saya suporter masih sangat solid. Suasananya begitu bagus di dalam stadion hari Sabtu lalu. Kekalahan bukan karena suasana penonton,” ujar Klopp seperti dikutip Soccernet.

“Dalam beberapa pertandingan terakhir kami tidak bisa memberikan kebahagiaan untuk suporter, tapi kini ada kesempatan lain lagi. Ini sangat penting,” sambungnya.

“Akan jadi laga yang menarik di Anfield. Harusnya atmosfer nanti begitu luar biasa karena melawan tim terkuat di Premier League saat ini.”

“Ada beberapa hal yang tak bisa berjalan di laga seperti ini karena Anda tidak bisa mudah mengalahkan Chelsea, itu mustahil. Bersiap untuk frustrasi dan menunggu momen berikutnya.”

“Anda bisa mendengar perbedaan itu di dalam stadion ketika Anda membuang peluang dan semua berteriak ‘Aaargh, lagi?’ Anda bisa dengar itu. Atau ‘Ayo serang lagi!” karena kami tahu bagaimana cara melawan mereka. Ini jelas situasi serupa yang kami lakoni dalam atmosfer berbeda. Ini harusnya positif,” tutup Klopp.

Laga melawan Liverpool dinilai datang di momen yang tepat untuk Chelsea. The Blues bisa memberikan pernyataan tegas untuk para rival terkait persaingan gelar.

Baca Juga :  Christian Atsu Akhirnya Ditemukan Selamat Dari Reruntuhan Gempa Turki

Chelsea bertandang ke Anfield, di lanjutan Premier League. Tiga poin di laga ini diyakini akan memperbesar kepercayaan diri Chelsea menuju gelar juara, kurang lebih menutup persaingan.

Saat ini tim besutan Antonio Conte memimpin dengan nilai 55 dari 22 pekan. Mereka unggul delapan angka dari Arsenal yang jadi pesaing terdekat.

Bagi Chelsea, kemenangan atas Liverpool juga bakal jadi bekal bagus karena di akhir pekan, mereka akan menjamu Arsenal.

Eks gelandang Chelsea Michael Ballack percaya menaklukkan Liverpool di Anfield bakal jadi perontok mental para rival dalam persaingan gelar.

“Yang pertama adalah siap secara mental. Setiap pemain harus memahami bahwa ini adalah tipe laga yang tidak boleh lepas kalau Anda ingin memenangi titel, dan kalau Anda bisa memenangi laga maka itu memperbesar kans Anda,” kata Ballack di situs resmi Chelsea.

“Ini musim yang panjang dan persaingan bisa tergantung pada momen-momen ketika Anda memberikan pernyataan kepada lawan-lawan langsung Anda.”

“Adalah laga tipe ini, tandang, melawan rival persaingan gelar, ketika Anda bisa benar-benar memberikan sinyal. Tim Chelsea ini penuh kepercayaan diri dan mereka bisa membunuh lawan-lawan di laga-laga seperti ini,” tandasnya.