JAKARTA TODAY- Apple dipastikan akan mulai merakit iPhone di India pada akhir April nanti. Kabar tersebut diketahui setelah Menteri Informasi dan Teknologi, Priyank Kharge mendapat kepastian bahwa Apple akan serius berinvestasi di India.

Priyank mengatakan ia telah bertemu dengan petinggi Apple pada akhir Januari lalu untuk mendiskusikan rencana investasi mereka.

Seperti dilaporkan Bloomberg, pabrik perakitan Apple nantinya kan berlokasi di Bangalore. Bukan Foxconn, pabrik tersebut nantinya akan dibawah pengawasan pemanufaktur Taiwan, Wistron Corp.

Namun begitu, Priyank mengatakan nantinya iPhone yang diproduksi di negeri Shah Rukh Khan tersebut bukan untuk keperluan pasar global.

“iPhone dan semua perangkatan Apple buatan Bangalore nantinya ditargetkan hanya untuk pasar domestik, bukan global,” ungkap Priyank.
Bukan hanya itu, ia memastikan pemerintah India akan membantu Apple apabila ada rencana untuk mengalihkan lokasi produksi ke daerah lainnya.

BACA JUGA :  Jadwal dab Lokasi SIM Keliling di Kota Bogor, Minggu 24 Maret 2024

Lebih jauh ia juga menegaskan tidak melakukan pembicaraan perihal insentif bisnis dengan Apple.

Sebelumnya perusahaan yang berbasis di Cupertino ini telah mengajukan daftar tuntutan panjang dan melakukan negosiasi dengan pemerintah federal India untuk menyepakati ketentuan yang harus dipenuhi.

Meski bukan menjadi pasar utama Apple, dalam laporan keuangan CEO Tim Cook sempat menyinggung bahwa India akan menjadi ‘tempat persinggahan mereka berikutnya’.

Sepanjang tahun 2016 Apple dilaporkan telah mengapalkan 2,5 juta unit iPhone. Hal itu menempatkaannya sebagai daftar 10 besar produsen dengan pendapatan dan penjualan tertinggi.

Dari total pendapatan yang diterima, Counterpoint mencatat pengapalan iPhone di India kurang dari 2 persen. Adanya pabrik di India diharapkan bisa turut meningkatkan angka penjualan hingga mencapai 750 juta unit di tahun 2020.

BACA JUGA :  Kota Bogor Dilanda Bencana Alam, Tanah Longsor dan Banjir di Beberapa Titik

Langkah ini merupakan tindak lanjut surat yang dikirimkan pemerintah India pada November 2016 yang memperingatkan Apple untuk memproduksi iPhone langsung di sana.

Menanggapi hal tersebut, Cook diketahui meminta insentif dana dari pemerintah setempat untuk memproduksi dan menargetkan bisa menjual iPhone dengan harga yang lebih murah. Mengingat sejak 2015 Perdana Menteri Narendra Modi membuat inisiatif yang mendorong perusahaan asing untuk merakit produknya di dalam negeri.

Diketahui pemerintah India kerap memasang pajak tinggi untuk produk elektronik impor demi mendorong geliat produk lokal.(Yuska Apitya/cnn)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================