STUTTGART TODAY- Mobil ramah lingkungan tidak hanya untuk kendaraan penumpang saja. Kendaraan niaga juga berhak mendapatkan perubahan untuk bisa menjadi lebih bersih. Dikutip Carscoops, Minggu (19/2/2017), Mercedes-Benz siap memproduksi truk listrik pertama yang akan dijual ke pasar. Truk bertenaga listrik ini berbasis konsep Urban eTruck yang sudah diperkenalkan September 2016 lalu.

Dikatakan saat ini Mercedes-Benz sudah mendapatkan setidaknya 20 pemesanan dari berbagai perusahaan. Mulai dari perusahaan makanan, logistik, dan perusahaan lainnya. “Setelah diperkenalkan pertama kali September 2016 lalu, di International Commercial Vehicle Show, dan ini mendapat respon yang luar biasa. Kami mendapatkan 20 konsumen potensial dari berbagai sektor, yakni makanan, logistik. Mulai dari produksi kecil, dan bersiap untuk memproduksinya,” ujar Head of Mercedes-Benz Trucks, Stefan Buchner.

Truk listrik milik Mercedes-Benz ini dikatakan akan memiliki berat maksimal hingga 25 ton dan maksimum pengisian hingga 12,8 ton. Selain itu truk listrik ini akan mampu berlari hingga 200 km, dan pertama kali diperkenalkan di Jerman, tahun depan baru disebar ke negara-negara Eropa. Meski demikian, Daimler truck division akan memperkenalkan secara global truk listrik light-duty Fuso eCanter pada 2017. Dan sebanyak 150 unit akan dikirim ke konsumen di Eropa, Jepang, dan USA.(Yuska Apitya/dtk)