JAKARTA TODAY- Sebagai wujud komitmen kepedulian pada bidang pendidikan, tahun 2017 ini NU Care-LAZISNU menggulirkan program “Beasiswa Cahaya Pintar NU CARE Scholarship 2017”. Beasiswa ini menyasar mahasiswa Diploma III, Diploma IV, Strata 1, dan Strata 2.
“Kuota calon penerima beasiswa sebanyak 50 mahasiswa yang tersebar di perguruan tinggi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Kami berharap program ini akan berjalan pada tahun-tahun berikutnya dan menyasar lebih banyak lagi mahasiswa,” tegas Direktur NU Care, Samsul Huda.
Ia melanjutkan sasaran program ini adalah mahasiswa yang sedang dan/atau pernah menempuh pendidikan di pondok pesantren; serta mahasiswa berprestasi pada bidang intra dan/atau ekstra kurikuler namun memiliki keterbatasan ekonomi.
Untuk memperoleh Beasiswa Cahaya Pintar NU Care 2017 ini, calon penerima harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus.
Persyaratan Umum Beasiswa NU Care 2016 diberikan kepada mahasiswa:
1. Jenjang S1/Diploma IV serendah-rendahnya pada semester I dan setinggi-tingginya pada semester VII.
2. Jenjang Diploma III, serendah-rendahnya pada semester I dan setinggi-tingginya pada semester V.
3. Jenjang Strata II, serendah-rendahnya pada semester I dan setinggi-tingginya pada semester III.
4. Memiliki Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 3,00 dari skala 4,00.
5. Membuat esai dengan tema “Mimpiku Untuk Nahdlatul Ulama dan Indonesia” sekurang-kurangnya 5.000 karakter.
Mahasiswa yang memenuhi persyaratan di atas, harus mengajukan permohonan tertulis kepada NU Care dengan melampirkan berkas sebagai berikut:
1. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif;
2. Melampirkan profil singkat calon penerima yang sedikitnya memuat nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor kontak, riwayat pendidikan (dari SD sampai terakhir), riwayat pendidikan pesantren, daftar Prestasi;
3. Melampirka surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain (bermaterai 6000); Surat Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan; Fotokopi kartu keluarga; Foto diri ukuran 4×6 terbaru.
Adapun persyaratan khusus bagi mahasiswa berprestasi, melampirkan fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan/atau ekstra kurikuler) pada tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional maupun Internasional.
Bagi mahasiswa yang tidak mampu wajib melampirkan surat Keterangan Tidak Mampu dari pemerintah desa/kelurahan. Mahasiswa harus lulus ujian Baca Tulis al Qur’an dan Praktek Pengamalan Ibadah (BTA-PPI). Khusus untuk calon penerima yang hafal Al Quran, wajib melampirkan syahadah dari Pondok Pesantren masing-masing.
Seluruh berkas pengajuan dikirimkan kepada NU Care–LAZISNU melalui email: [email protected] dengan Subjek: “Beasiswa Cahaya Pintar NU Care 2017” paling lambat tanggal 6 Maret 2017. Berkas juga dapat dikirim melalui pos paling lambat tanggal 3 Maret 2017 Cap Pos yang ditujukan kepada: Panitia Seleksi Beasiswa Cahaya Pintar NU Care 2017 di Kantor NU Care–LAZISNU, Gedung PBNU Lt. 2 Jl. Kramat Raya No. 164 Jakarta Pusat 10430.
Seleksi administrasi dilakukan pada 7-9 Maret 2017. Pengumuman Lulus Administrasi 10 Maret 2017, Tes BTA-PPI dan TPA 13 Maret 2017, dan Wawancara pada 14 Maret 2017. Untuk seluruh tahapan seleksi, NU Care-LAZISNU tidak memungut biaya apa pun.(Yuska Apitya/nu)
Baca Juga :  Jalan Tanah Menuju Sekolah, Siswa Harus Melepas Sepatu Saat Turun Hujan