BOGOR TODAY- Segala persiapan dilakukan pemerintah buat menyambut Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud di Istana Bogor. Namun, pemerintah tak bisa membuka anggaran yang dikeluarkan untuk menyambut Raja Salman.

“Enggak boleh, enggak bisa kecuali dalam administrasi kita dalam pengelolaan anggaran negara,” kata Kepala Sekretariat Presiden, Darmansjah Djumala, Rabu (1/3/2017).

Dia mengklaim anggaran yang dikeluarkan dalam penyambutan Raja Salman sama dengan penyambutan tamu kenegaraan lain. Tak ada perbedaan. “Standar sama seperti biaya-biaya yang dikeluarkan untuk tamu negara,” ucap Darmansjah.

Teknis penyambutan yang diberikan kepada Raja Salman juga tak berbeda dengan yang lainnya. Presiden Joko Widodo, kata dia, akan menerima Raja Salman di Istana Bogor dengan upacara kebesaran.

Baca Juga :  Ternyata Ini Dia 4 Manfaat Dlingo yang Baik untuk Kesehatan

Upacara kebesaran terdiri dari pasukan berkuda, drum band, pasukan tradisional, Paspampres, dan penyambutan resmi di depan Istana Bogor. Lalu, ada dentuman meriam sebanyak 21 kali serta pertemuan bilateral.

Namun, Darmansjah mengakui ada sedikit ‘pernak-pernik’ dari Presiden dalam penyambutan Raja Salman. Salah satu contohnya, Presiden menjemput Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusuma.