JAKARTA TODAY- Partai Demokrat (PD) telah memetakan persaingan di Pilkada Serentak 2018. Meski demikian, PD belum menentukan nama-nama yang akan diusungnya.
“Petanya baru kami lakukan karena 2018, ada 171 wilayah, Pilgub, Bupati, Wali Kota. Ini akan kami bahas lagi pada agenda rapat berikutnya,” kata Wakil Ketua Umum PD, Syarief Hasan di DPP Demokrat, Wisma Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/3/2017). “Belum (ada nama). Setelah kami bahas per daerah, baru kami lakukan pendataan dari informasi dari daerah tertentu,” sambungnya.

PD dalam menentukan nama, masih akan menetapkannya dengan melakukan sejumlah prosedur serta tahapan-tahapan khusus. Sekali lagi, PD berkata belum menetapkan figur yang akan diusung, termasuk Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung saat ini. “Belum (Ridwan Kamil), figur belum, masih ada tahapan berikutnya. 2018 kan kalau tidak salah Juni 2018, masih banyak waktu bagi PD untuk konsolidasi dan pematangan untuk strateginya,” jelas Syarief.

BACA JUGA :  Sinergi Jaga Ketahanan Pangan, Sekda Kabupaten Bogor Hadiri Rakor Bersama Sekda Se-Jawa Barat 

Sikap yang sama juga dimiliki Demokrat terkait Pilgub Jatim 2018. Termasuk soal kabar-kabar yang menyebut Agus Yudhoyono akan bersaing di Pilgub Jatim. “Kata siapa itu? Di kami belum ada. Rumor saja,” ucapnya.

DPP PD hari ini melakukan rapat pleno untuk evaluasi hasil Pilkada 2017 dan juga konsolidasi demi menatap Pilkada 2018. PD menyebut telah memenangkan 45,5 persen wilayah yang melakukan pemilihan kepala daerah. Angka tersebut merupakan sebuah kemajuan dan di atas target PD sebelumnya, yaitu 35 persen. Untuk Pilkada serentak 2018, PD mempunyai target berbeda. Kali ini angkanya di atas 35 persen, yakni 50 persen.

BACA JUGA :  Resep Membuat Bubur Jagung Sagu Mutiara Anti Gagal, Rasanya Sudah Pasti Enak

“Angka 45,5 persen. Pada Pilkada kali ini melebihi dari target, target kita 35 persen. Dari pilkada 2015 hanya 45 persen, ada peningkatan setengah persen. Mudah mudahan 2018 kita optimis 50 persen,” jelas Syarief.

Dalam rapat kali ini, PD tidak membahas soal sikap mereka di putaran kedua Pilgub Jakarta. Meski demikian, PD menyebut penentuan sikap akan diserahkan kepada calon yang maju kemarin, Agus Harimurti Yudhoyono.(Yuska Apitya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================