Pemasangan keramik adalah salah satu Indikator Kemiskinan & Kelaparan menurut PBB. Sebelumnya mayoritas mitra menggunakan lantai tanah, lantai tipe ini tergolong tidak sehat, sulit untuk dibersihkan, serta mudah lembab sehingga menarik nyamuk, hama, dan mendorong penyebaran penyakit seperti tifus dan malaria.

Data menunjukkan bahwa setelah mendapat pemodalan dan peningkatan pendapatan, partisipan yang menggunakan lantai tanah turun dari 25 persen menjadi 14 persen. Angka yang signifikan dalam menurunkan tingkat kemiskinan.

Kesejahteraan juga bisa dilihat dari transportasi. Hampir 80 persen dari total sampel mampu mencicil moda transportasi baru setelah setahun mengalami peningkatan pendapatan. Motor digunakan secara produktif untuk menurunkan ongkos transport dalam menunjang usaha mereka. Angka ini meningkat dari keadaan tahun lalu, yaitu 67 persen partisipan yang memiliki motor.

Data di atas menunjukkan bahwa pemodalan ultra mikro mampu memberikan efek bola salju bagi para pelaku UMKM, khususnya mereka, masyarakat prasejahtera yang tinggal di pelosok perdesaan. Andi Taufan Garuda Putra, CEO dan Founder dari Amartha menjelaskan, “Dengan keterbatasan infrastruktur dan layanan perbankan di daerah pelosok, pengusaha kecil yang bekerja di sektor ekonomi informal sangat kesulitan mendapatkan modal usaha yang terjangkau.”

Di momen 7 tahun berkarya ini, Amartha, sebuah platform pinjam meminjam online (Peer to peer Lending) mengajak lebih banyak masyarakat untuk berpartisipasi dalam gerakan ekonomi inklusif, dengan memungkinkan masyarakat di lapisan piramida terbawah memperoleh alternatif sumber pemodalan dari publik yang ingin menginvestasikan uangnya.(Yuska/rep)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================