JAKARTA TODAY- anyak cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan spirit kewirausahaan tanah air. Salah satunya, yang dilakukan komunitas Tangan Di Atas (TDA) Center Indonesia. Komunitas wirausaha terbesar di Indonesia itu menggelar Pesta Wirausaha Nasional Tangan Di Atas 2017.

Sekretaris Kementerian Koperasi UKM Agus Muharram mengatakan, acara seperti itu perlu banyak digelar untuk menumbuhkan spirit kewirausahaan. Apalagi, acara itu senada dengan misi Kemenkop UKM yang akan terus melaksanakan program gerakan kewirausahaan nasional. Mulai dari dukungan permodalan, sampai pemasaran.

“Dunia sudah masuk era informasi, tidak mengenal ruang, jadi bisnis bisa dilakukan di mana saja,’’ ujar Agus saat membuka acara itu, kemarin.

Lebih lanjut dia menjelaskan, era tersebut makin memudahkan seseorang untuk bisa berwirausaha. Yang penting, setiap orang bisa membekali diri dengan pengetahuan yang memadai, skill, penguasaan teknologi, dan menjaga perilaku berusaha supaya bisa dipercaya orang.

Di tempat yang sama, Presiden TDA, Mustofa Romdloni mengatakan bahwa UKM dalam pertumbuhan usaha harus dapat berinovasi dengan cara-cara baru. Di era sharing economy ini, UKM harus lebih cerdas dalam membangun usahanya. “Sinergi dan kolaborasi menjadi pilihan cerdas sehingga efisieni maupun efektifitas dalam bisnis lebih mudah dicapai,” tantasnya.

Pesta Wirausaha Nasional (PWN) ke-7 digelar di gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur 9-11 Mei 2017. UKMorfosis adalah tema besar yang diangkat dalam acara ini. UKMorfosis merupakan sebuah gerakan dalam pertumbuhan suatu usaha yang berkelanjutan dari sederhana menjadi profesional dan global yang melibatkan berbagai produk, pelayanan, serta sistem manajemen setelah melalui beberapa fase pertumbuhan.

Direktur Pesta Wirausaha Rawi Wahyudiono menjelaskan, dalam PWN 2017 kali ini lebih banyak menyajikan kelas-kelas teknis atau praktek. Penting supaya para peserta bisa merasakan manfaat nyata dari perhelatan itu Sebanyak 13 sub acara digelar diantaranya Inspirational Stage, Digital Class, Tutorial Class, Technical Class, Business Clinic, Meet The Investor, TDA For Education serta Entrepreneur Summit.

Sebagai aksi nyata member TDA dalam memperkenalkan produk usahanya pada level nasional, PWN 2017 menggelar business Expo yang menampilkan 170 booth produk dan jasa, serta 31 Desember booth kuliner. Para peserta PWN yang jumlahnya kurang lebih 3 ribu orang ini juga berkesempatan mengunjungi lokasi usaha para anggota TDA yang telah sukses untuk mendapatkan inspirasi sekaligus belajar secara langsung kepada para owner bisnis. (Yuska Apitya/jp)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================