JAKARTA TODAY – Indonesia kembali diguncang aksi teror bom di Kampung Melayu pada Rabu 24 Mei 2017 kemarin. Aksi biadab itu tidak lain adalah untuk mengacaukan keutuhan NKRI dan diakui dilakukan oleh kelompok ISIS, yang selalu menggunakan ajaran agama islam sebagai pembenaran. Padahal ajaran kekerasan ala ISIS, jelas bukan ajaran islam.

Untuk itu, seluruh agama yang di Indonesia harus bersatu dan berkolaborasi dan terus menguatkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dalam menghadapi ancaman intoleransi berupa radikalisme dan terorisme. Ajakan itu disampaikan oleh Sekretaris Komisi Hubungan Antar Umat Beragama (HAK) Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Romo Agustinus Ulahayanan.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Senin 25 Maret 2024

“Marilah kita bersama membangun ‘jembatan’ dalam memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Terutama buat pemuka agama, yang seharusnya terus menggaungkan kekuatan perbedaan dengan pemahaman agama yang benar, bukan malah ‘berteriak’ mau menghancurkan satu sama lain,” ujar Romo Agustinus di Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Menurutnya, semua harus sepakat bahwa gerakan agama yang akan menghancurkan ‘jembatan’ perdamaian antarumat beragama harus dihancurkan. Untuk melakukan itu, harus ada pendidikan agama dan karakter yang kuat, pendidikan Pancasila, dan budi pekerti.

BACA JUGA :  Ngaku Guru Agama, Pria Makassar Nyamar Pakai Cadar Berbaur dengan Akhwat di Masjid

Ia optimistis bila penguatan nilai agama, pancasila, dan budi pekerti bisa dilakukan, ‘serangan’ radikalisme dan terorisme akan sulit merobohkan pondasi NKRI. Menurutnya ada tiga tahap pencegahan radikal terorisme yaitu pencegahan, penghentian dan pemulihan yang bisa dilakukan dalam beberapa langkah yaitu pendidikan dan pembudayaan, penegakan nilai, norma dan identitas, sterelisasi lingkungan, inklusifitas, kerohanian, bermartabat, berdayaguna, bermitra.

============================================================
============================================================
============================================================