Bank Indonesia sebelumnya memperkirakan laju inflasi pada Mei akan berada dikisaran 0,3 persen hingga 0,4 persen. Inflasi tersebut disumbang oleh kenaikan harga daging ayam, telur ayam, dan beberapa komoditas hortikultura.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku perkiraan inflasi BI bisa dijadikan gambaran masukan bagi pemerintah untuk terus mengupayakan kestabilan laju inflasi pada bulan ini maupun yang akan datang. Pasalnya, pemerintah selama ini juga telah bergandengan tangan dengan BI dalam memantau dan mengendalikan laju inflasi.

BACA JUGA :  Wedang Tape Ketan, Santapan Hangat Enak Dinikmati Saat Hujan

Kendati demikian, Darmin memilih melihat data inflasi selama satu bulan penuh yang nantinya dikeluarkan oleh BPS. Inflasi pada Mei pun menurut Darmin belum akan terlampau tinggi. Pasalnya, inflasi bulanan Mei terhitung sejak awal bulan, sedangkan momen puasa baru terjadi setidaknya pada lima hari terakhir di bulan ini

BACA JUGA :  Tega, Suami di Tuban Cekik Istri hingga Tewas, Diduga usai Cekcok

“Inflasi itu tidak berarti ditengah bulan berapa, bisa turun di akhir bukan? Kalau dibilang ini sudah naik sedikit, tapi ini belum akhir bulan,” ungkapnya.

Pemerintah pun menurut dia, akan berupaya mengejar agar laju inflasi sampai akhir tahun tetap sesuai dengan target pemerintah yang tertuang dalam APBN 2017 sebesar empat persen. (Yuska/cnn)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================